DetikNews
Minggu 11 November 2018, 21:10 WIB

Jokowi: Ada dari Dalam Negeri Yang Menakut-nakuti Rakyat

Dwi Andayani - detikNews
Jokowi: Ada dari Dalam Negeri Yang Menakut-nakuti Rakyat Presiden Jokowi di acara PSI (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia mengatakan ada pihak dalam negeri yang berupaya menakut-nakuti rakyat.

"Ada dari dalam negeri yang menakut-nakuti anak-anak muda kita sendiri. Ada yang menakut-nakuti rakyat kita sendiri," kata Jokowi di arena acara, ICE BSD Hall 3A, Tangerang, Minggu (11/11/2018).

Jokowi nampak bergaya santai mengenakan baju kemeja warna hijau tua dengan celana hitam. Acara ini dihadiri pula oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.


Soal pihak dari dalam negeri yang menebar ketakutan, Jokowi tak menyebut nama. Dia hanya menjelaskan, sikap pihak dari dalam negeri itu bertentangan dengan gerak anak muda era kini.

"Bangsa lain saja takut kepada anak-anak muda kita, loh kok justru ada dari dalam negeri kita yang menakut-nakuti anak-anak muda kita," kata Jokowi disambut sorakan dan tepuk tangan.

Dia menjelaskan, ada satu perusahaan dari Indonesia yang dihambat negara-negara tetangga untuk masuk ke wilayahnya. Artinya, justru Bangsa Indonesia-lah yang ditakuti oleh bangsa lain.


"Perlu saya sampaikan ya, negara-negara tetangga kita itu takut sekali dengan yang namanya Gojek, takut banget, mereka ngomong ke saya kok, sehingga menghambat untuk menginfiltrasi pasar yang ada di sana. Yang seperti itu tidak dapat dibenarkan karena bisa membunuh kreativitas anak-anak muda kita," tutur dia.

Dia kembali menyebut soal politik genderuwo. Menurutnya, Indonesia tidak butuh politik gendruwo yang menebar ketakutan. Bila saja itu dilakukan, itu sia-sia saja karena anak-anak muda tak pernah bisa ditakut-takuti. Lebih baik, semuanya mendukung pembangunan ekosistem yang produktif, bukan membuat suasana gelap.

"Bukan Indonesia yang gelap apalagi Indonesia yang bubar. Kita tumbuhkan suasana yang penuh harapan bukan suasana ketakutan," kata dia.


Acara HUT ke-4 ini bertemakan festifal 11. Dengan dimeriahkan oleh Tompi, Giring Ganesha, Tsamara Amany, Isyana Bagoes Oka, DJ Osvaldorio hingga Wizzy.

Di acara HUT ke-4 PSI ini, tampilan panggung tampak dibuat penuh cahaya. Peserta tampak disediakan tongkat cahaya untuk ikut memeriahkan acara.

Ketua Umum Grace Natalie mengucapkan terimakasi atas kehadiran Presiden Joko Widodo. Ucapan ini, disampaikan dengan menyebut Jokowi dengan panggilan Bro.

"Bro Joko Widodo calon presiden RI terimakasi sudah datang kesini, saya ijin memanggil bro karena disini kita memanggil dengan sebutan bro and sis," kata Grace.

Acara ini dihadiri oleh para kader dan pendukung PSI. Mereka tampak serempak menggunakan kaos dan jaket PSI berwarna merah dengan logo dan nomot urut PSI dalam pemilu.



(dwia/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed