DetikNews
Minggu 11 November 2018, 09:29 WIB

Akan Revitalisasi TIM, Anies Ingin DKI Lahirkan Seniman Kelas Dunia

Indra Komara - detikNews
Akan Revitalisasi TIM, Anies Ingin DKI Lahirkan Seniman Kelas Dunia Anies Baswedan di GBK, 11 November 2018 (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan untuk merevitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Anies menilai revitalisasi penting untuk membangun ekosistem seni budaya di Jakarta.

"Kita ingin agar bukan hanya di revitalisasi gedungnya. Tapi yang tidak kalah penting kita ingin membangun ekosistem seni budaya di Jakarta. Dan TIM adalah salah satu simpulnya. Tapi yang harus jadi ekosistem adalah Jakartanya. Jakarta harus jadi ekosistem budaya," kata Anies di kawasan GBK, Jakarta, Minggu (11/11/2018).


Anies mengatakan pengembangan potensi seni di Jakarta sudah terlihat di kawasan Sudirman melalui seni jalanan. Revitalisasi TIM juga diharapakan bisa jadi pusat kebudayaan di Asia.

"Teman-teman lihat sudah diaktifkan lagi sepanjang Sudirman kegiatan musik nanti kemudian kegiatan seni tari, seni lukis. Seluruh kegiatan seni kita fasilitasi. Karena kita ingin lahir seniman-seniman kelas dunia dari Jakarta ini. Dan itulah usaha revitalisasi TIM itu bagian dari membawa Jakarta menjadi pusat kebudayaan di Asia," paparnya.

Eks Mendikbud itu menuturkan, proses revitalisasinya akan memakan waktu 2 tahun. Total biayanya mencapai Rp 1 triliun.

"Insyaallah akan berjalan dua tahun dan ini akan memakan biaya sebesar Rp 1 triliun dua tahun prosesnya. Kita ingin agar bukan hanya direvitalisasi gedungnya," kata Anies.

Barulah beberapa menit kemudian, David berhasil bertemu dengan Jokowi. Dia lantas berfoto bersama 'kembarannya' itu.

Asa sekitar 35 menit Jokowi di lokasi CFD. Namun dia hanya bisa berjalan tak lebih dari 200 meter karena banyaknya warga yang memint salam dan foto bersama.

Kemudian soal bangunan bioskop di lingkungan TIM yang bakal 'dihilangkan', Anies menjelaskan prosesnya dilakukan secara bertahap.

"Proses pembangunannnya bertahap. Nanti Anda lihat saja detail plannya karena geraknya sedikit satu-satu," kata Anies.


Anies menyampaikan hal tersebut usai melepas parade karnaval budaya bertajuk 'Festival Pesona Lokal'. Anies mengapresiasi adanya karnaval budaya ini.

"Festival seni adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menunjukkan kreasi-kreasi yang selama ini dikembangkan, sering kali proses kreatif yang sudah berjalan di dalam keseharian tak menemukan tempat untuk mengeksploitasikannya," ucap Anies.
(idn/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed