DetikNews
Minggu 11 November 2018, 08:30 WIB

Polisi Sarankan Perbaikan Sistem Keamanan Bagi Sopir Taksi Online

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Sarankan Perbaikan Sistem Keamanan Bagi Sopir Taksi Online Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Polisi meminta perusahaan transportasi online menerapkan pembenahan keamanan agar di kemudian hari tak terulang kasus pembunuhan pengemudinya. Polisi meminta perusahaan belajar dari kasus pembunuhan supir GrabCar, Jap Son Tauw (68).

Ada dua cara yang disarankannya untuk meminimalisir kekerasan terhadap pengemudi yaitu dengan memasang pembatas antara kursi pengemudi dan penumpang. Kemudian memasang CCTV di dalam mobil.


"Untuk memberikan kepastian dan keyakinan bahwa pengemudi atau penumpang angkutan online itu harus aman, saya mengusulkan sistem keamanan di angkutan online," kata Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif kepada detikcom, Minggu (11/11/2018).

"Contoh dibuatlah jaring-jaring di antara kursi pengemudi dan penumpang sehingga antara driver dengan penumpang tidak mudah berinteraksi apalagi jadi objek kekerasan, dibuat saja portable bisa dilepas dan sebagainya," sambung Sabilul.

Dia menyebut betapa mengenaskan nasib driver online jika mengambil orderan penumpang di malam hari dan kemudian dijadikan target kekerasan. Dalam waktu singat, menurutnya, sopir taksi online tersebut bisa saja ditusuk dari belakang.


"Bayangkan saja pengemudi malam hari, misal jam 1 malam dihubungi seseorang. Ternyata itu bertiga dan ternyata tidak disadari ternyata penumpang membawa pisau. Dalam waktu 10 menit berjalan sudah ditusuk dari belakang," ucap Sabilul.

Dia juga menyarankan agar mobil-mobil angkutan online dilengkapi teknologi CCTV. Tujuannya agar pengemudi dapat mengawasi perilaku penumpang.

"Kedua dipasanglah kamera CCTV di belakang, CCTV kan tidak mahal sekarang. Keluar uang Rp 1 juta tetapi demi keselamatan, keamanan. Itu jadikan kelengkapan prasyarat pengemudi maupun mobil yang boleh masuk, mendaftar angkutan online," tutur Sabilul
(aud/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed