DetikNews
Jumat 09 November 2018, 19:17 WIB

Menlu: Akses Air Bersih Jangkau 76% Masyarakat Indonesia

Matius Alfons - detikNews
Menlu: Akses Air Bersih Jangkau 76% Masyarakat Indonesia Menlu Retno Marsudi (Foto: Dok. Twitter Kementerian Luar Negeri)
Jakarta - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menghadiri acara United Nations (UN) Day 2018 di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Pada sambutannya Retno targetkan 100% warga Indonesia bebas biaya kesehatan pada 2019.

Pantauan detikcom di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018), acara ini dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang didampingi oleh Duta Besar Febrian Ruddyard, dan koordinator United Nations di Indonesia, Anita Nirody.

Tampak juga hadir, CEO IKAT Indonesia Didith Maulana, Ambassador Lingkungan Tasya Kamila, Kepala Yayasan 1001 Buku Dwi Handayani, dan Atlit Asian Para Games 2018 Donald Santoso dan perwakilan duta besar Negara Negara luar.

Dalam sambutannya, Retno Marsudi mengatakan bahwa Indonesia dalam 4 tahun terakhir sudah berproses mengejar target pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) 2030.

"Dalam 4 tahun terakhir ini, Indonesia terlah berhasil memenuhi 3 target Sustainable Development Goals (SDGs)," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi saat sambutan dalam acara The United Nations Day 2018 di Museum Nasional Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).

Target yang dimaksud Retno adalah terkait penuntasan kemiskinan, jangkauan akses air bersih, dan jaminan kesehatan nasional.

"Mengurangi angka kemiskinan menjadi satu digit yaitu 9.8% di 2018, yang terendah saat ini, pencapaian hal hal dasar seperti akses air bersih yang telah menjangkau 76,44% seluruh Indonesia," tutur Retno.

"Meningkatkan kesehatan melalui sistem jaminan kesehatan Indonesia yang sudah menjangkau 99,98% seluruh warga Indonesia," lanjut Retno.

Dalam sambutannya Retno juga menargetkan pada tahun 2019 seluruh warga Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan.

"99,98% seluruh warga Indonesia dengan target 100% di tahun depan," jelas Retno.

Retno menegaskan bahwa pencapaian ini tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya keterlibatan semua pihak.

"Kita semua mempinya kewajiban yang sama untuk membuat dunia ini tempat terbaik untuk kita, anak anak kita dan masa depan kita," tutup Retno.
(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed