DetikNews
Jumat 09 November 2018, 17:14 WIB

Mabes Polri akan Tes Kejiwaan Rohandi Penyerang Polsek Penjaringan

Eva Safitri - detikNews
Mabes Polri akan Tes Kejiwaan Rohandi Penyerang Polsek Penjaringan Pelaku penyerangan Polsek Penjaringan (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Rohandi, pria yang menyerang Polsek Penjaringan langsung diperiksa di Polres Metro Jakarta Utara. Polisi juga memeriksa beberapa saksi terkait penyerangan tersebut.

"Ya (sudah ada di Polres Jakarta Utara). Saat ini kita masih periksa, dan pemeriksaan saksi-saksi kemudian yang bersangkutan juga," ujar Kapolres Metro Jakut Kombes Reza Arif Dewanto saat dihubungi, Jumat (9/11/2018).

Reza mengatakan Rohandi akan diperiksa tim psikiater Mabes Polri untuk memastikan kondisi kejiwaannya. Rohandi sebelumnya disebut tengah depresi karena sakit yang tak kunjung sembuh.


"Nanti kemudian kita jadwalkan untuk periksa kejiwaannya karena kan dari pihak keluarga mengatakan dia ada depresi. Belum tahu. Pskiaternya dari Mabes Polri," ucapnya.

Jika Rohandi positif gangguan jiwa, pihaknya akan tetap menyerahkan keputusan soal proses hukum pria tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara.


"Nanti kan itu pengadilan yang menentukan dia mampu mempertanggungjawabkan perbuatannya atau tidak. Kalau nggak kan dia nanti dimasukkan ke rumah sakit jiwa misalnya," tutur Reza.

Penyerangan yang dilakukan Rohandi terjadi tepatnya pukul 01.35 WIB dini hari tadi. Rohandi mendadak mendatangi Polsek Penjaringan. Saat disapa petugas SPK Brigadir Sihite, Rohandi justru menyerang

"Pelaku langsung menyerang anggota polisi tersebut dengan menggunakan sebilah golok dan pisau babi yang kemudian anggota polisi tersebut menghindar dan meminta bantuan rekannya yang sedang berjaga di SPK," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya.


Setelah ditahan, Rohandi mengaku depresi karena penyakit yang dideritanya tak kunjung sembuh. Pria yang membabi-buta menyerang polisi itu mengaku menderita penyakit getah bening.

"Karena penyakitnya, pelaku ini operasi getah bening tidak sembuh dan tidak bekerja," kata Kapolsek Penjaringan, AKBP Rachmat Sumekar, ketika dihubungi, Jumat (9/11).
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed