DetikNews
Jumat 09 November 2018, 12:01 WIB

Anies: 43 Persen Warga DKI Tak Miliki Akses Pipa Air Bersih

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies: 43 Persen Warga DKI Tak Miliki Akses Pipa Air Bersih Foto: Gubernur DKI Anies Baswedan. (Fida-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masih banyak warga Jakarta yang belum memiliki akses air bersih. Anies menuturkan baru sekitar 57 persen warga yang bisa mengakses air bersih melalui pipanisasi Pemprov DKI Jakarta.

"43 Persen penduduk DKI tidak memiliki akses air bersih, air pipa maksudnya. Yang punya akses cuma 57 persen," kata Anies di Hotel Redtop, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).


Anies menyoroti proses pipanisasi di Jakarta yang tidak bertambah selama 12 tahun terakhir. Padahal, menurutnya, akses air bersih tersebut sangat dibutuhkan warga.

"Selama 12 tahun, DKI tidak pernah menambah pipa air (bersih). Ini kenyataannya. Ini kan berarti ada problem bukan di sini, 12 tahun kami nggak tambah pipa," jelas Anies.



Anies berjanji Pemprov DKI Jakarta segera menggencarkan program pipanisasi. Dia memastikan pipanisasi tersebut akan mengikuti keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menghentikan swastanisasi air di Jakarta.

"Kami ingin menggenjot lebih banyak lagi, tapi itu membutuhkan, satu, investasi pemipaan. Kedua adalah pengelolaan sesuai dengan aturan-aturan yang baru karena ada keputusan MA yang terkait itu," jelas Anies.


Saksikan juga video 'Warga Curhat ke LBH, PT Sentul City Diduga Monopoli Air Bersih':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed