Heboh Budiman Sudjatmiko 'WO' Saat Rocky Gerung Bicara

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 07 Nov 2018 21:14 WIB
Rocky Gerung (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Budiman Sudjatmiko, meninggalkan ruangan saat akademisi ilmu filsafat Rocky Gerung berbicara di sebuah forum. Budiman tak sendiri. Dia disusul oleh Direktur Eksekutif Indikator Burhanudin Muhtadi.

Peristiwa itu terjadi dalam acara 'Indonesia Lawyers Club' (ILC) yang ditayangkan stasiun televisi TV One pada Selasa, 6 November 2018, malam dengan tema 'Tampang Boyolali vs Sontoloyo'. Rocky Gerung memulai komentarnya terkait tema acara dengan bercerita tentang sosok H Agus Salim, yang ketika berbicara ada yang mengeluarkan suara kambing.



"Founding fathers kita saling caci maki kok, tapi dengan kemampuan metaphoric. Agus Salim dulu di forum ILC, kita bayangkan saja ada ILC di awal tahun mereka, dia lagi pidato ngasih presentasi, lalu di ujung sana ada yang ngeledek dia 'mbeek, mbeeek'. Kan Agus Salim wajahnya kayak kambing, jenggot, 'mbeek mbeek'. Agus Salim nggak teriak, 'heh lu sontoloyo, keluar', atau 'eh, tampang lu Boyolali, nggak pantas menghina saya'. Agus Salim cuma bilang begini, 'Panitia, setahu saya, saya diundang di forum manusia, kenapa ada binatang di pojok sana?'. Kan kemampuan itu yang ingin kita investasikan dalam politik Indonesia saat ini," ujar Rocky.

Rocky menyampaikan pendapatnya cukup panjang. Sesekali kamera mengarah ke pembicara lainnya, salah satunya Budiman Sudjatmiko. Politikus PDIP itu beberapa kali terlihat menunduk ketika Rocky mengemukakan pandangannya.

Heboh Budiman Sudjatmiko WO Saat Rocky Gerung BicaraTangkapan layar tayangan ILC di TV One


Sementara itu, Rocky tetap melanjutkan bicara. Dia berbicara soal candaan mahasiswa UI dan IKIP era dahulu sampai pembahasan bunga edelweiss dalam kegiatan mengajarnya yang terbaru.

Rocky kemudian berbicara tentang politik pedagogis dan demagogis. Menurut dia, pembahasan tentang politik harus ditingkatkan agar yang muncul ke ruang publik bukanlah apa yang dia sebut demagog.



"Teman-teman, saya kira pembahasan seperti ini harus ditingkatkan kualitasnya, ada isu yang dangkal tapi kita bahas dengan mengaktifkan imajinasi dalam tingkat abstraksi," ujar Rocky.

Ketika Rocky menyampaikan hal ini, tiba-tiba Budiman, yang semula tampak menunduk, langsung berdiri. Budiman langsung meninggalkan arena diskusi. Burhanudin Muhtadi, yang duduk persis di sampingnya, lantas ikut menyusul.

Heboh Budiman Sudjatmiko WO Saat Rocky Gerung BicaraBudiman Sudjatmiko sudah tak ada di arena diskusi


Rupanya Budiman tak bermaksud 'walk out' karena penjelasan Rocky. Saat dimintai konfirmasi detikcom, Budiman menjelaskan situasi sebenarnya.

"Jadi ruangan itu sangat dingin, saya sangat kedinginan saat itu. Kebetulan setelah Rocky Gerung, itu giliran saya dan Burhanudin untuk bicara. Jadi saya janjian sama Burhanudin, yang ternyata juga kedinginan. Jadi saya itu ke kamar kecil, maksudnya supaya saat giliran ngomong itu lancar. Jadi begitu sebenarnya," ungkap Budiman kepada detikcom, Rabu (7/11/2018).

Tayangan ketika Rocky Gerung menyampaikan pendapat ini juga diunggah di kanal YouTube Indonesia Lawyers Club dan ditonton 683.535 kali pada pukul 21.09 WIB. (bag/iy)