detikNews
Selasa 06 November 2018, 19:38 WIB

Jokowi Unggul di Survei Alvara, Tim Prabowo: Masih Ada Waktu 5 Bulan

Yulida Medistiara - detikNews
Jokowi Unggul di Survei Alvara, Tim Prabowo: Masih Ada Waktu 5 Bulan Koordinator Jubir Praboowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. (Foto: dok. Facebook Dahnil Anzar Simanjuntak)
Jakarta - Hasil survei Alvara Research Center menyebut elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjelang Pilpres 2019. Timses Prabowo menyebut masih ada waktu 5 bulan untuk kampanye sebelum pemungutan suara.

"Artinya, kita masih punya waktu 5 bulan lebih begitu untuk mendesain kampanye. Kemudian terus memanfaatkan suara swing voters, bahkan mungkin menarik para pendukung Pak Jokowi-Ma'ruf Amin. Jadi ya terima kasih dengan survei-survei itu mau berapa pun hasil yang mereka buat," kata Koordinator Jubir Praboowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, di media center BPN Prabowo-Sandiaga, Jl Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).


Dahnil mengaku bersyukur ada lembaga survei yang memberikan data kepada tim Prabowo secara gratis. Dahnil juga mengaku tak khawatir terhadap survei mengunggulkan Jokowi.

"Nggak, kami nggak khawatir sama sekali. Jadi memang kan kami nggak punya cukup dana untuk bayar lembaga-lembaga survei, jadi justru kami berterima kasih ada data-data yang gratis seperti ini," tuturnya.

Dahnil mengatakan data yang tersedia dari lembaga survei akan dijadikan pemetaan bagi Prabowo-Sandi terkait pemenangan di Pilpres 2019. Sementara di survei internal, dia menyebut pasangan Prabowo-Sandiaga menunjukkan tren yang terus meningkat.

"Jadi karena masyarakat kan yang dipotret oleh lembaga survei adalah konteksnya atau setting-nya waktunya itu adalah saat ini dan kita punya waktu lima bulan ke depan. Jadi yang jelas kami nggak punya dana cukup untuk membeli lembaga-lembaga survei ini. Justru kami berterima kasih banyak," ujarnya.


Sebelumnya, Alvara Research Center merilis hasil survei yang mengadu elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjelang Pilpres 2019. Hasilnya, Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandi.

Hasil survei tersebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan 54,1 persen. Sedangkan pasangan Prabowo Sandiaga memperoleh 33,9 persen. Selain itu, ada 12,0 persen yang belum membuat keputusan.
(yld/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com