Eks Kades-Sekdes Ditahan di Kasus Korupsi Dana Desa Rp 309 Juta

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 06 Nov 2018 13:33 WIB
Pekanbaru - Polres Indragiri Hilir (Inhil) Riau, menahan dua orang tersangka korupsi dana pembangunan desa. Kedua tersangka mantan Kades dan sekretaris desa (sekdes).

"Proses penyidikan dugaan korupsi ini pada Maret 2018. Pada 5 Nopember ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan," kata Kapolres Inhil, AKBP Christian Ronny kepada wartawan, Selasa (6/11/2018).

Ronny menjelaskan, kedua tersangka adalah, Darmadi (48) sebagai PNS dan mantan Kades Kecamatan Concong, Inhil dan Sekdes Syahril (51).

Kedua tersangka ini, lanjut Ronny, menjabat Kades dan Sekdes pada tahun 2015 lalu. Keduanya terlibat dugaan korupsi dana pengelolaan anggaran pembangunan desa.

"Hasil audit BPKP Riau kerugian negara sebesar Rp 309 juta lebih. Dana pembangunan desa tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan," kata Ronny.

Kedua tersangka yang ditahan ini, kata Ronny, dikenakan pasal 2 ayat 1 dan atau pasal 3 UU Tipikor.

"Sebelum dilakukan penahanan terhadap kedua tersangka telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh personel Dokkes Polres Inhil. Hasilnya, kedua tersangka dalam keadaan sehat," tutup Ronny. (cha/asp)