detikNews
Selasa 06 November 2018, 12:35 WIB

Dubes RI: Saudi Tak Nyaman dengan Hukuman Mati

Sudrajat - detikNews
Dubes RI: Saudi Tak Nyaman dengan Hukuman Mati Agus Maftuh Abegebriel (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -



Kerajaan Arab Saudi ternyata tidak nyaman dengan penerapan hukuman mati di negerinya. Karena itu, kemudian dibuatlah suatu lembaga pemaafan untuk memediasi orang-orang yang beperkara, yakni antara ahli waris korban dan pelaku, untuk melakukan perdamaian.

"Pijakannya adalah sebuah ayat (Al-Baqarah: 237) bahwa pemaafan itu sangat dekat nilai-nilai ketakwaan. Jadi yang terindah itu memang memaafkan, itu yang diharapkan Kerajaan Saudi," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi dan Wakil Tetap RI di OKI, Agus Maftuh Abegebriel dalam program blakblakan dengan detik.com yang tayang Selasa (6/11/2018).

Hanya saja, ia mengingatkan, hak qisas (hukuman mati) bukan hak raja atau kerajaan melainkan hak khusus keluarga atau ahli waris korban. Raja atau kerajaan tak bisa berbuat apa-apa jika keluarga atau ahli waris korban tak menghendaki atau memberikan maaf.

Karena itu, dirinya sebagai duta besar dan para diplomat di Arab Saudi biasanya melakukan berbagai pendekatan terhadap anggota keluarga atau ahli waris, selain menyediakan pengacara terbaik bila ada WNI yang bermasalah dengan hukum.

"Kami ini pelayan WNI di Saudi, kami kerahkan segenap daya dan upaya untuk melindungi saudara-saudara kita yang terkena musibah. Ada yang atas izin Allah dimudahkan untuk berkomunikasi dan bernegosiasi dengan keluarga korban, ada yang tidak," papar Agus Maftuh.

Dia memaparkan semua itu terkait eksekuti terhadap Tuti Tursilawati. Tenaga Kerja Indonesia asal Majalengka itu dihukum mati pada Senin (29/10) tanpa notifikasi atau pemberitahuan terlebih dahulu kepada pemerintah Indonesia.

"Kalau kami sih yang disesalkan bukan notifikasinya tapi timingnya. . Sebab sepekan sebelum eksekusi kami baru melakukan pertemua bilateral membahas berbagai isu, termasuk perlindungan terhadap warga kedua negara," kata Agus Maftuh.





(jat/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com