Dinilai Parpol Informatif, PPP: Bentuk Tanggung Jawab ke Masyarakat

Moch Prima Fauzi - detikNews
Selasa, 06 Nov 2018 12:31 WIB
Ketum PPP Romahurmuziy atau Rommy/Foto: Dok. PPP
Jakarta - PPP menjadi salah satu partai yang mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) sebagai badan publik cukup informatif. PPP dinilai telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

Penghargaan berdasarkan self assessment questionnaire (SAQ) yang dikeluarkan oleh KIP.

Menurut Ketua DPP PPP Qoyyum Abdul Jabar, partai berlambang Kakbah ini sejak beberapa tahun terakhir memang berusaha menyajikan berbagai informasi kepada publik. Caranya bisa melalui website resmi partai, maupun situs milik pejabat publik yang berasal dari partainya.


"Selain itu, kami juga mempunyai media sosial dengan follower yang banyak, sehingga memudahkan publik mengetahui semua kegiatan dan program partai," kata Qoyyum, Selasa (6/11/2018).

Ia menambahkan, bahwa semua proses kaderisasi bahkan perekrutan calon anggota legislatif dari PPP sangat terbuka kepada publik. Dalam proses perekrutan caleg beberapa waktu lalu, PPP memanfaatkan website siappp.com, agar masyarakat umum juga mempunyai kesempatan untuk menjadi Caleg PPP.

Qoyyum menyebut bahwa partai ini adalah milik rakyat Indonesia, sehingga semua hal terkait PPP perlu diketahui publik.

"Kami menyampaikan semua kabar tentang PPP kepada publik sebagai tanggung jawab partai kepada masyarakat Indonesia," kata Qoyyum.

Selain PPP, partai lain yang mendapatkan penghargaan dari KIP adalah Gerindra, PKS, PKB, PDIP, Golkar, PAN, NasDem, dan Demokrat.


Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy menghadiri langsung acara penganugerahan yang berlangsung di Istama Wakil Presiden ini kemarin (5/11/2018).

Ketua KIP Gede Narayana mengucapkan terima kasih kehadiran Romahurmuziy serta komitmen PPP yang telah melakukan keterbukaan informasi sebagai partai politik. Tentu hal ini akan meningkatkan citra sebagai partai politik yang informatif. (ega/mul)