detikNews
Senin 05 November 2018, 15:38 WIB

Pelajar Dominasi Pelanggaran Operasi Zebra di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Pelajar Dominasi Pelanggaran Operasi Zebra di Banten ilustrasi operasi Zebra (Foto: Lamhot Aritonang)
Cilegon - Dalam sepekan Operasi Zebra Kalimaya, 6.462 kendaraaan tercatat melanggar lalu lintas di wilayah hukum Polda Banten. Tercatat, mahasiswa, pelajar dan karyawan swasta paling banyak melanggar lalu lintas termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Penindakan pelanggar lalu lintas paling banyak juga terdapat Polresta Tangerang sebanyak 2.100 kendaraan dan Polres Lebak 1.169 kendaraan, Polres Serang 746 kendaraan, Pandeglang 405 kendaraan, Cilegon 772 kendaraan dan Serang Kota 776 kendaraan.

Kendaraan paling banyak ditindak dalam operasi ini adalah sepeda motor sebanyak 5.609 kendaraan, mobil penumpang 563 kendaraan dan mobil angkutan barang sebanyak 269 mobil. Pelajar dan mahasiswa tercatat melakukan tindakan pelanggaran lalu lintas sebanyak 1.055 orang.

Dirlantas Polda Banten Kombes Tri Djatiutomo mengatakan, banyaknya jumlah pelajar terjaring operasi ini karena mereka belum memiliki persyaratan berkendara seperti SIM. Apalagi, siswa setingkat SMP khususnya di Banten juga banyak yang terjaring operasi ini.



"Nggak ada pemakluman, apalagi siswa SMP. Itu jadi target operasi dan jelas itu tidak punya SIM. Ada beberapa indikator terjadinya pelangaran misalkan jarak tempuh mereka yang jauh
dan tidak terakses angkutan umum," ujar Tri kepada wartawan di Serang, Banten, Senin (5/11/2018).



Siswa ini, menurut Tri padahal sudah mendapatkan sosialiasi di tingkat sekolah mengenai aturan berkendara. Ia berharap ada peran serta pihak sekolah untuk memberi pemahanan kapada siswa mengenai aturan berkendara.

"Nanti kita evaluasi, kita akan bersurat ke sekolah untuk memberi tahu banyak siswa yang melakukan pelanggaran tertentu, untuk memberi tahu dengan maksud agar punya perhatian khusus," tegasnya.



(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed