DetikNews
Senin 05 November 2018, 14:14 WIB

Sinyal CVR Lion PK-LQP Melemah, Tim SAR Andalkan Ping Locator

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sinyal CVR Lion PK-LQP Melemah, Tim SAR Andalkan Ping Locator Petugas pencarian membawa ping locator untuk menangkap sinyal yang dipancarkan CVR. (Matius Alfons/detikcom)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Karawang - Petugas gabungan mendeteksi satu lagi turbin pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang. Petugas sedang mempersiapkan cara mengangkat turbin tersebut. Selain itu, sinyal cockpit voice recorder (CVR) black box yang sudah terdeteksi suaranya melemah.

"Ini memang sudah ada deteksi untuk sementara turbin yang satunya. Ini ngangkatnya masih nunggu, bobotnya masih 3,5 ton," kata Dansatgas SAR Kolonel Laut (P) Isswarto di KRI Torani, Tanjung Pakis, Karawang, Senin (5/11/2018).


Isswarto mengatakan tim masih fokus mencari CVR. Selain penyelam, pencarian dilakukan menggunakan kapal survei milik Pertamina, Victory.

Area pencarian difokuskan tak jauh dari titik jatuhnya pesawat di koordinat 05 derajat 46 menit 15 detik South - 107 derajat 07 menit 16 detik East. Tim yang mencari juga membawa ping locator.


"Gimana kita sudah membuat area sekitar 100 meter dari pusat atau dari Victory untuk titik pencarian yang pertama untuk menjadi objek adalah VCR sampai sekarang kita sudah membawa ping locator untuk mendeteksi adanya VCR tersebut," ujarnya.

Namun dia mengatakan saat ini sinyal yang dipancarkan VCR makin kecil, sehingga suara yang dikeluarkan ping locator saat mendeteksi posisi VCR juga kecil.


"Jadi ini semakin mengecil, makanya ini ping locator atau di mana ping locator itu digunakan di sekitarnya harus silent (sunyi), tidak ada suara-suara berisik, baik kapal yang lewat maupun suara-suara yang lain. Sehingga ini sampai saat ini penyelam masih mencoba untuk mendengarkan arah dari mana datangnya sinyal tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, turbin dan ban pesawat sudah ditemukan pada Kamis (1/11) lalu. Mesin dan ban tersebut saat ini dipindahkan ke gudang KNKT.


Simak Juga 'Melihat Perjalanan Sepekan Terakhir Lion Air PK-LQP Sebelum Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]


Sinyal CVR Lion PK-LQP Melemah, Tim SAR Andalkan Ping Locator

(jbr/hri)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed