Ajak Relawan Hijrah Sabar, PPP: Jokowi Ambil Teladan Rasulullah

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 04 Nov 2018 08:38 WIB
Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - Presiden sekaligus capres Joko Widodo mengajak pengusaha muda untuk berhijrah dan memiliki perilaku produktif, bukan konsumtif. Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) mengatakan Jokowi mengajak untuk mengikuti teladan Rasulullah.

"Ketika Jokowi menggunakan kata 'hijrah' untuk para pengusaha muda tersebut, ia sedang mengajak para pengusaha untuk mengambil teladan Rasulullah," ujar Sekjen PPP, Arsul Sani, saat dihubungi detikcom, Rabu (3/11/2018).

Arsul mengatakan bila dihadapkan dalam kesulitan, agar tidak mengeluh atau menyalahkan keadaan. Namun, mencari cara bagaimana menangani kesulitan tersebut.

"Ketika menghadapi kesulitan, yakni bukan terus mengeluhkan, meratapi atau bahkan menyalah-nyalahkan keadaan, tetapi berpindah baik fisik maupun pikirannya untuk menanggulangi kesulitan tersebut," kata Arsul.

Hijrah atau perpindahan ini tidak hanya dilakukan secara fisik, namun juga cara berfikir. Hijrah secara fisik menurutnya dapat dilakukan dengan mengembangkan usaha, sedangkan cara berfikir dapat berupa inovasi dalam berusaha.

"Berhijrah secara fisik berarti mengajak pengusaha muda untuk tidak terpaku pada usahanya disatu tempat saja, melainkan juga mengembangkannya ke tempat lain yang lebih baik. Berhijrah secara psikis berarti bahwa cara-cara baru dalam berusaha perlu terus dikembangkan, bukan terpaku pada cara-cara yang turun temurun secara stagnan tanpa ada inovasi baru," tuturnya.

Joko Widodo mengajak pengusaha muda untuk berhijrah atau berubah ke arah yang lebih baik. Jokowi meminta pengusaha muda memiliki perilaku produktif, bukan konsumtif.

"Saya mengajak kita semuanya, marilah, utamanya anak muda, pengusaha muda, mari hijrah dari pesimisme ke optimisme. Dari konsumtif ke produktif," kata Jokowi di acara deklarasi Relawan Pengusaha Muda Nasional di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (3/11/2018).

Tidak hanya dari perilaku sebagai pengusaha, Jokowi meminta para pengusaha muda lebih bersabar. Walau sabar, pengusaha diminta tetap bekerja keras.

"Dari marah-marah ke yang sabar. Yang marah-marah hijrah ke yang sabar. Sabar tapi kerja keras, ciri-ciri pengusaha muda di situ. Hijrah dari senang perpecahan ke persatuan," ujar Jokowi.


Simak Juga 'PPP Bantah Pencitraan di Balik Penggratisan Tol Suramadu':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/zak)