DetikNews
Sabtu 03 November 2018, 15:25 WIB

Dievakuasi dari Laut, Roda Lion Air PK-LQP Tiba di JICT 2

Eva Safitri, Lisye Sri Rahayu - detikNews
Dievakuasi dari Laut, Roda Lion Air PK-LQP Tiba di JICT 2 Roda Lion Air PK-LQP (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Tim SAR gabungan mengevakuasi roda pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Roda kini dibawa ke Dermaga JITC 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Bagian roda Lion Air ini dibawa kapal TNI AL jenis landing craft utility (LCU) dari KRI Banda Aceh. Kapal tiba di Dermaga 2 JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada pukul 14.36 WIB.


Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono ikut mengawal proses ini. Dia sebelumnya memantau dari KRI Rigel dan kemudian pindah ke LCU KRI Banda Aceh melakukan pengawalan.

Roda pesawat Lion Air PK-LQP ini kemudian dipindahkan dari kapal. Roda berukuran besar ini diangkat dari kapal ke dermaga menggunakan crane. Kondisi roda yang dievakuasi dari laut ini tampak rusak parah.

Roda Lion Air PK-LQP diangkat menggunakan craneRoda Lion Air PK-LQP diangkat menggunakan crane. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Selanjutnya LCU Banda Aceh meninggalkan lokasi dan membawa kompresor udara. Alat itu akan digunakan untuk memberikan angin pada balon udara yang rencananya akan mengangkat mesin pesawat.


"Itu kompresor udara. Itu kan bawa balon udara mesin kompresor itu biar menggelembungkan balon itu di laut supaya mesin terangkat, dan nantinya dipindahkan ke LCU Banda Aceh," ujar Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada I Kolonel Kaut (P) Bambang Trijanto.


Saksikan juga video ' Benarkah Tarif Penerbangan Murah Pengaruhi Aspek Keselamatan? ':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed