Airnav Tegaskan Tarif Pesawat Murah Tak Berkaitan dengan Keamanan

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Sabtu, 03 Nov 2018 13:24 WIB
Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Pihak Airnav Indonesia menegaskan tidak ada pengaruh harga tiket pesawat yang murah dengan keselamatan penumpang. Menurut Airnav, perbedaan harga tiket antarmaskapai hanya fasilitas yang diberikan, bukan soal keamanan penumpang.

"Tidak ada batasan dengan tarif juga. Navigasi tetap diberlakukan sesuai aturan yang berlaku," Corporate Secretary Airnav Indonesia Didit Radityo dalam diskusi 'Potret Dunia Penerbangan Indonesia', di Restoran Gado-gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/2018).


Didit menjelaskan harga tiket pesawat hanya melingkupi pelayanan selama penerbangan, seperti konsumsi. Sedangkan keselamatan penumpang merupakan hal yang wajib diberikan setiap maskapai penerbangan.

"Yang membedakan apakah di pesawat di-serve dengan menu makanan atau tidak, lebih ke kenyamanan penumpang, bukan tentang keselamatan penumpang. Misalnya juga dengan bentuk tiket yang tidak bagus," katanya.


Senada dengan Didit, pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengatakan murah dan mahalnya harga tiket pesawat tak berkaitan dengan keamanan penumpang. Sebab, keamanan penumpang merupakan aturan mutlak yang harus diikuti.

"Low cost tidak celaka selama dia ikuti aturan, ya aman. Jadi batas bawah-atas itu nggak mutlak. Nah, itu diatur untuk nggak bisa semena-mena banting harga dan naikkan harga. Itu tidak jadi faktor utama, mungkin ada tapi tidak besar," kata Agus.

"Mungkin kalau dulu gitu, cuma sekarang kan pengawasan kita sudah mati-matian. Yang penting adalah pengawasannya dari itu karena peraturannya sudah ada, tinggal dijalankan," sambungnya.


Saksikan juga video ' Hoax! Tiket Lion Air ke Singapura Rp 100 Ribu ':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)