DetikNews
Jumat 02 November 2018, 11:32 WIB

Lion Air Jatuh, Ikatan Pilot: Pesawat Masih Transportasi Teraman

Zunita Putri - detikNews
Lion Air Jatuh, Ikatan Pilot: Pesawat Masih Transportasi Teraman Executive Chairman IPI, Captain Rama Noya (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Ikatan Pilot Indonesia (IPI) meminta masyarakat tidak khawatir naik pesawat usai kejadian Lion Air JT 610. IPI yakin moda transportasi udara masih menjadi moda yang paling aman.

"Ikatan Pilot Indonesia berharap agar keyakinan publik terhadap moda transporasi udara tidak berkurang, karena secara spesifik, moda transportasi udara masih merupakan moda transportasi yang paling aman serta efisien," ujar Executive Chairman IPI, Captain Rama Noya, saat konferensi pers di Gedung Graha Dirgantara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (2/11/2018).

Noya juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang terkait dalam proses pencarian kotak hitam (black box). Noya berterima kasih atas ditemukannya black box pesawat Lion Air JT 610.


"Kami juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Republik Indonesia, TNI dan Polri, Basarnas, KNKT, BPPT, dan unsur terkait yang bekerja tidak mengenal lelah sehingga black box dari pesawat PK-LQP dapat ditemukan dalam waktu yang relatif cepat," ucapnya.

IPI berharap nantinya setelah investigasi KNKT selesai mengenai pesawat JT 610 yang jatuh itu, Departemen Perhubungan dapat meningkatkan lagi national safety system.


"Kami berharap agar investigasi KNKT profesional, cermat, teliti dan transparan, kami berharap agar hasil investigasi dari KNKT ini dapat mengungkap informasi yang sangat berharga bagi Departemen Perhubungan khususnya udara, untuk dapat meningkatkan national safety system (sistem keselamatan nasional) yang saat ini sudah baik agar menjadi lebih baik dan sempurna," tutur Noya.

Terakhir, IPI mengimbau kepada Pilot atau mantan Pilot dan masyarakat umum untuk menahan diri agar tidak memberikan asumsi berlebih kepada masyarakat mengenai peristiwa ini. Tujuannya, agar tidak ada informasi yang menyesatkan dan memunculkan polemik di masyarakat.



Saksikan juga video 'Cari Sebab Kecelakaan, KNKT akan Download Data Black Box Lion Air':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed