Kutuk Eksekusi Mati Tuti, Demonstran 'Segel' Kedubes Saudi

Rolando Fransiscus - detikNews
Jumat, 02 Nov 2018 09:57 WIB
Demo tolak hukuman mati di depan Kedubes Saudi, Jakarta. (Rolando Fransiscus/detikcom)
Jakarta - Demonstrasi digelar di depan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mengutuk dan menolak hukuman mati terhadap Tuti Tursilawati. Para demonstran melakukan aksi 'penyegelan' kantor kedutaan.

Demonstrasi berlangsung di depan Kedutaan Saudi untuk RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (2/11/2018). Pukul 09.00 WIB aksi simbolik penyegelan dimulai. Demonstrasi ini dilakukan oleh Migrant Care, LBH Jakarta, elemen mahasiswa UI, KontraS, Jala PRT, Amnesty Internasional Indonesia, dan lainnya.


Kutuk Eksekusi Mati Tuti, Demonstran 'Segel' Kedubes SaudiFoto: Demo tolak hukuman mati di depan Kedubes Saudi, Jakarta. (Rolando Fransiscus/detikcom)

Tiga orang memasang pita segel berwarna kuning. Tidak seperti pita segel resmi yang terbuat dari plastik, pita ini dibikin dari material kertas berwarna kuning.

"Kedutaan ini disegel," demikian bunyi tulisan di pita segel itu.


Pita segel melintang kurang lebih 5 meter, direkatkan di tiang bagian depan pintu masuk Kedutaan. Adapun di bagian jalur lambat Jalan HR Rasuna Said arah Menteng, aksi protes dilakukan.

Kutuk Eksekusi Mati Tuti, Demonstran 'Segel' Kedubes SaudiFoto: Demo tolak hukuman mati di depan Kedubes Saudi, Jakarta. (Rolando Fransiscus/detikcom)

Mobil orasi menyarakan protes. Mobil itu berisi foto Tuti Tursilawati, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dieksekusi pada 29 Oktober kemarin tanpa notifikasi sebelumnya.

Mereka menuntut pemerintah untuk mempersona non grata-kan Duta Besar Saudi, hingga mendesak pemerintah untuk mengkaji ulang rencana pengiriman 30 ribu calon TKI ke Saudi.

Arus lalu lintas melambat karena jalur lambat digunakan untuk demonstrasi. Polisi lalu lintas mengatur jalan.


Saksikan juga video 'TKI Tuti Dieksekusi Mati, Menlu Retno Panggil Dubes Saudi':

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/bpn)