Ke Palu Besok, Sandiaga: Tak Ada Niat Galang Suara

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 01 Nov 2018 21:26 WIB
Sandiaga Uno (Zaenal Effendy/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno akan bertolak ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk menyerahkan bantuan kepada korban gempa dan tsunami. Sandiaga memastikan kunjungan tersebut bukan bagian dari kampanye.

"Saya ingin mendepolitisasi kunjungan ini," kata Sandiaga di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jl Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2018).


Sandiaga mengaku diundang oleh relawan gempa dan tsunami di Palu. Mantan Wagub DKI itu mengklaim, dalam kunjungan tersebut, tak ada kegiatan yang berkaitan dengan penggalangan suara untuk Pilpres 2019.

"Dan karena kunjungan ini menyerahkan bantuan, kita tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan penggalangan suara dan penggalangan kekuatan politik yang ada di sana," terang Sandiaga.


Sandiaga bertolak ke Palu pada Jumat (2/11) besok. Selama di sana, Sandiaga akan mengunjungi beberapa tempat, di antaranya Pasar Inpres Manonda, Balaroa, dan salah satu posko pengungsi.

Sebelumnya, Sandiaga sempat menunda kampanye di Palu. Dia tak ingin memberatkan relawan yang sedang membantu proses penanganan pascabencana.

"Kedua adalah rencana bahwa kita harus datang ke sana untuk menunjukkan kepedulian tadi juga kita putuskan sangat akan memberatkan teman-teman yang lagi bantu di sana. Karena seperti kita ketahui akses menuju daerah lokasi bencana itu sangat terkendala baik dari selatan maupun dari utara, juga terbatasnya penerbangan dan juga dari segi laut Samarinda," ujar Sandiaga di kantor Dompet Dhuafa, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Senin (1/10). (aud/zak)