detikNews
Kamis 01 November 2018, 16:52 WIB

DKI Sediakan Pangan Murah bagi Buruh Penerima Kartu Pekerja

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
DKI Sediakan Pangan Murah bagi Buruh Penerima Kartu Pekerja Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Andri Yansyah (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI telah menetapkan upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp 3.940.973. Buruh yang bergaji UMP plus 10 persen juga mendapat pangan murah bersubsidi melalui kartu pekerja.

"Kita benar-benar menjamin bahwa kartu yang sudah kita cetak, yang namanya Kartu Pekerja, bisa betul-betul dimanfaatkan. Termasuk titik lokasi pendistribusian subsidi pangan. Misalnya dia ngusulin di perusahaan ini, kita siapin," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Andri Yansyah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018).



Andri mengatakan jumlah buruh di Jakarta yang terdata untuk mendapatkan Kartu Pekerja sebesar 744.662 orang. Pihaknya akan berkoordinasi dengan perusahaan dan serikat buruh untuk melakukan pendataan ulang dan segera menyalurkan Kartu Pekerja tersebut.

"Kami sudah membentuk tim kerja yang terdiri atas pihak serikat atau federasi pekerja, jadi kita libatkan, juga termasuk dari pihak asosiasi atau pengusaha sehingga kita mendapatkan data yang valid," ucapnya.



Pemprov DKI menyediakan enam bahan pangan bagi buruh yang dapat dibeli di JakGrosir, Pasar Jaya, Koperasi Serikat Pekerja, Rusun, RPTRA, dan toko daging Dharma Jaya.

Yang pertama adalah daging sapi beku Rp 35 ribu per kilogram. Kemudian daging ayam beku dijual Rp 8.000 per kilogram.

Telur ayam dijual Rp 10 ribu per kilogram, sementara beras dijual Rp 30 ribu per kilogram. Ikan kembung beku dijual seharga Rp 13 ribu per kilogram. Terakhir, susu isi 24 pak seharga Rp 30 ribu dengan syarat termasuk penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.
(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed