DetikNews
Kamis 01 November 2018, 16:11 WIB

FDR Black Box Lion Air Ditemukan, Kapal BPPT akan Merapat ke Priok

Matius Alfons - detikNews
FDR Black Box Lion Air Ditemukan, Kapal BPPT akan Merapat ke Priok FDR black box Lion Air yang ditemukan (Pradita Utama/detikcom)
Karawang - Kapal Baruna Jaya (BJ) I BPPT yang terlibat dalam misi pencarian black box Lion Air nomor penerbangan JT 610 segera merapat ke Tanjung Priok. Saat ini FDR black box masih berada di kapal BJ I.

"Mungkin malam akan kembali, dan besok paginya akan ke laut lagi. KNKT masih memerlukan kita," ujar Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT M Ilyas di kapal BJ I di perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018).

Tim BPPT di Kapal Riset BJ I ini selama 24 jam melakukan olah data untuk memastikan citra visual hasil teknologi yang diturunkan ke bawah air.





"Kami terus olah data ROV untuk mendapatkan visual black box dan serpihan yang ada di dasar laut. Alhamdulillah, dengan doa masyarakat, upaya tim SAR gabungan bisa angkat black box. Sudah ada di atas Kapal Baruna Jaya I," tuturnya.

Fokus pencarian black box Lion Air pagi tadi dilakukan di koordinat tertangkapnya sinyal black box, yakni pada koordinat S 05 48 48.051 - E 107 07 37.622 dan pada koordinat S 05 48 46.545 - E 107 07 38.393.






"Dari keempat pencarian ini dipersempit pada koordinat tersebut. Semalaman pun ROV sudah diturunkan, karena penyelam pasti sulit turun malam hari. Arus kencang dan visual sangat terbatas, kedalaman pun di 30 meteran. Dengan teknologi ROV inilah kita terus berupaya lakukan klarifikasi," paparnya.


Saksikan juga video 'Menhub: Masih Ada 1 Lagi Bagian Black Box yang Belum Ketemu':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed