DetikNews
Kamis 01 November 2018, 13:23 WIB

Apa Itu Black Box? Ini Penjelasannya

Indah Mutiara Kami - detikNews
Apa Itu Black Box? Ini Penjelasannya Black box Lion Air PK-LQP (Foto: dok. Istimewa)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Jakarta - Black box Lion Air PK-LQP JT 610 yang jatuh telah ditemukan. Apa itu black box?

Berikut fakta-fakta terkait black box seperti dilansir ABC News, Kamis (1/11/2018):

1. Black box tidak berwarna hitam

Meski kerap disebut black box atau kotak hitam, perangkat ini tidak berwarna hitam melainkan oranye. Selain itu, black box juga tidak berbentuk kotak.



2. Terdiri dari 2 komponen

Black box terdiri dari 2 bagian yaitu flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR). FDR merekam data-data di antaranya kecepatan, ketinggian, percepatan vertikal, hingga penggunaan bahan bakar.

Apa Itu Black Box? Ini PenjelasannyaFoto: Kabasarnas M Syaugi tunjukkan black box Lion Air JT 610 (Matius Alfons/detikcom)


3. Siapa penciptanya?

Seperti dilansir ABC, black box diciptakan oleh seorang WN Australia bernama Dr David Warren yang kehilangan ayahnya dalam kecelakaan pesawat. Pada sekitar tahun 1950, Warren punya ide tentang perangkat yang bisa merekam data penerbangan dan percakapan di kokpit untuk membantu analis.

Prototype pertama yang diberi nama ARL Flight Memory Unit diciptakan pada 1956. Namun, buatannya itu tidak mendapat banyak perhatian hingga 5 tahun kemudian.



4. Hanya 2 jam percakapan di kokpit yang direkam

CVR disebut hanya akan merekam 2 jam dari percakapan di kokpit. CVR dapat merekam interaksi antar awak kabin dan antara awak kabin dan petugas ATC juga suara-suara di background.

5. Sulit ditemukan bila lewat dari sebulan

Black box berisi pemancar yang bisa bertahan di bawah air. Pemancar itu akan memancarkan sinyal hingga 30 hari atau sebelum baterainya habis.
Black box Lion Air PK-LQP diangkat / Black box Lion Air PK-LQP diangkat / Foto: Pradita Utama



6. Black box sulit dihancurkan

FDR biasanya dilapisi titanium atau baja tahan karat sehingga bisa menahan kondisi yang mengerikan. Peneliti pernah mencoba menghancurkannya dengan berbagai cara namun tidak berhasil

Sebelumnya diberitakan, black box Lion Air PK-LQP ditemukan oleh penyelam dari Batalyon Intai Amfibi TNI AL hari ini. Black box ditemukan dalam kondisi utuh di kedalaman 30 meter.

Black box saat ini ada di Kapal Baruna Jaya I dan kemudian diserahkan ke KNKT. KNKT akan mengunduh data dari black box untuk penyelidikan.
(imk/tor)
FOKUS BERITA: Lion Air Jatuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed