DetikNews
Rabu 31 Oktober 2018, 17:05 WIB

RI Gelar Festival di Moskow untuk Promosikan Perdagangan-Pariwisata

Yulida Medistiara - detikNews
RI Gelar Festival di Moskow untuk Promosikan Perdagangan-Pariwisata Foto: Kantor Kementerian Luar Negeri
Jakarta - Kedubes Republik Indonesia di Federasi Rusia merangkap Republik Belarus (KBRI Moskow) akan menggelar festival Indonesia yang keempat di Moskow. Tujuannya untuk mempromosikan perdagangan Indonesia seperti produk makanan hingga pakaian.

"Untuk lebih mempromosikan Indonesia di Rusia, khususnya di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi, serta seni budaya, KBRI Moskow menyelenggarakan Festival Indonesia," kata Dubes RI untuk Rusia dan Belarusia M Wahid Supriyadi, di Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (31/10/2018).

Wahid mengatakan festival Indonesia di Moskow telah diselenggarakan tiga kali sejak tahun 2016. Kegiatan itu merupakan bagian dari diplomasi ekonomi Indonesia di Rusia.

Nantinya festival Indonesia keempat akan digelar pada 2-4 Agustus 2019 di Krasnaya Presnya Park, Moskow. Selain itu dalam rangkaian kegiatan diselenggarakan pula bisnis forum ketiga yang digelar 1 Agustus 2019. Acara bisnis forum bakal mempertemukan pelaku bisnis Indonesia dengan mitra Rusia.


Wahid mengajak kepala daerah Indonesia untuk ikut dalam festival tersebut sebagai langkah mempromosikan dan memperkenalkan potensi masing-masing daerah. Serta daerah juga bisa menjajaki atau menindaklanjuti dan mempererat kerjasama dengan mitranya di Rusia baik dalam bentuk sister province atau sister city.

"Tadi saya rapat dengan beberapa Gubernur perwakilan daerah. Saya sudah tulis surat awal Oktober lalu, agar mereka anggarkan untuk ikut tahun depan. Sambutan baik paling nggak dari Gubernur DKI yang sudah ikut tiga kali, Jabar sudah berjanji ikut fesitval, DIY, Jateng, Bangka, Sumbar, Aceh selalu hadir. Bahkan dari Papua juga datang. Kita ingin memperkenalkan daerah lain," ungkap Wahid.

Dalam festival tersebut juga tersedia produk UMKM unggulan seperti kopi, pakaian, aksesoris, minyak kepala sawit, kuliner nusantara dan kerajinan.

Festival Indonesia akan menampilkan berbagai pergelaran seni dan budaya dari bebebrapa daerah di Indonesia seperti lagu, tarian daerah, permainan alat musik. Serta kegiatan lain berupa pergelaran wayang kulit, gamelan show, master class tari dan alat musik tradisional, workshop batik, kelas najasa Indonesia, fashion show, cooking class masakan nusantara, peragaan pencak silat, pameran foto, prosesi upacara pernikahan adat, spa therapy, selancar dan menyelam, serta promosi pariwisata Indonesia.
(yld/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed