Pesawat Latih Tabrak Kabel Listrik di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 30 Okt 2018 14:31 WIB
Ilustrasi (Foto: dok. detikcom)
Pekanbaru - Kabel tegangan 20 kilovolt terputus dan mengeluarkan suara ledakan di Kelayang pada Senin (29/10) pagi. Kabel itu tertabrak pesawat latih yang terbang dari Bandara Japura, Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

"Pesawat latih itu menyenggol kabel listrik tegangan menengah milik kita. Dan kabel itu terputus serta mengeluarkan suara ledakan," kata juru bicara PLN Cabang Rengat, Kabupaten Inhu, Boy Ilham, dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (30/10/2018).



Boy menjelaskan peristiwa itu terjadi di Desa Dusun Tua, Kecamatan Kelayang. Kabel tegangan listrik yang disenggol pesawat latih itu posisinya di tepi sungai. Kejadiannya pada Senin (29/10) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Warga menyaksikan pagi itu melihat ada pesawat latih yang biasanya. Hanya dua penumpangnya. Baling-baling depan pesawat menyenggol kabel listrik dan langsung putus," kata Boy.

Saat itu pesawat terbang rendah, beda dengan hari biasanya. Memang wilayah tersebut sering dilintasi pesawat latih.

"Tapi kata warga, hari ini pesawat terbang rendah, sehingga menyenggol kabel listrik dan terputus. Putusnya kabel tegangan menengah itu menimbulkan suara ledakan yang membuat warga terkejut," kata Boy.

Akibatnya, listrik padam seketika di wilayah itu. Masyarakat setempat segera melaporkan peristiwa tersebut ke pihak PLN.

"Mendapat informasi itu, tim kita segera turun ke lokasi untuk melakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan sekitar empat sampai lima jam," kata Boy.



Menurut Boy, hari ini rencananya pihaknya akan melakukan koordinasi ke pihak Bandara Japura terkait kejadian tersebut.

"Kemarin kita belum sempat karena fokus dalam perbaikan jaringan. Rencananya hari ini kita akan mencoba berkoordinasi dengan pihak bandara terkait masalah tersebut," tutup Boy. (cha/asp)