Arab Saudi Eksekusi Mati TKI Tuti Tursilawati

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 30 Okt 2018 14:10 WIB
Ilustrasi bendera Arab Saudi. (Foto: Dok. REUTERS/Murad Sezer)
Jakarta - Kerajaan Arab Saudi mengeksekusi mati Tuti Tursilawati. Tuti merupakan TKI asal Majalengka, Jawa Barat.

"Ya betul. Tunggu jam 3 sore ada konferensi pers," ujar Kepala BNP2TKI Nusron Wahid saat dikonfirmasi, Selasa (30/10/2018).

Arab Saudi Eksekusi Mati TKI Tuti TursilawatiFoto: Kepala BNP2TKI Nusron Wahid (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Tuti dieksekusi pada hari Senin (29/10) waktu setempat. Pihak Kemlu dan BNP2TKI tengah menuju rumah keluarga almarhumah.


"Sekarang staf Kemlu dan BNP2TKI menuju kediaman almarhumah," jelas Nusron.

Sebelum divonis dan dieksekusi mati, Tuti diketahui memukulkan sebatang kayu ke majikannya, seorang pria tua bernama Suud Malhaq Al Utibi, di rumah majikannya, yakni di kota Thaif yang berjarak 87 kilometer sebelah timur Kota Mekah, pada 11 Mei 2010. Melihat majikannya terkapar karena pukulannya, Tuti berusaha kabur dari rumah.

Selanjutnya, Tuti bertemu sekelompok pria, sekitar sembilan orang. Awalnya, pria-pria itu menjanjikan bantuan membantu perjalanan Tuti ke Mekah, lepas dari rumah majikannya di Thaif. Namun ternyata Tuti dibawa ke rumah kosong, lalu mengalami pelecehan seksual. Tuti disebut digilir 9 pria durjana itu.

Tuti divonis mati gara-gara membunuh majikannya. Ibu Tuti, Iti Sarniti, menceritakan bahwa Tuti bukan membunuh majikannya, namun membela diri.


Simak Juga 'Rentetan Kisah Pilu TKI yang Dipancung di Arab Saudi':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/tor)