DetikNews
Senin 29 Oktober 2018, 21:06 WIB

Amien Rais Tak Berhasil Temui Agus Rahardjo, Ini Penjelasan KPK

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Amien Rais Tak Berhasil Temui Agus Rahardjo, Ini Penjelasan KPK Amien Rais di KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais gagal menemui Ketua KPK Agus Rahardjo. Agus dan empat pimpinan KPK lainnya disebut sedang tidak berada di tempat.

KPK memastikan tidak ada perlakuan berbeda bagi Amien. Namun, ada pertimbangan tertentu yang membuat seseorang tidak bisa sembarangan ke KPK untuk bertemu pimpinan.

"Kalau semua orang bisa diterima oleh pimpinan tanpa telaah, tanpa analisis urgensi misalnya seurgen apa tamu tersebut untuk kepentingan lembaga, tentu tidak mungkin akan ada waktu yang cukup," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (29/10/2018).

"Karena itu kalau ada tamu yang misalnya perlu bertemu pimpinan tentu kami pelajari terlebih dahulu. Bukan soal posisi dari tamu tersebut, tapi soal urgensi terkait dengan kepentingan lembaga dan pemberantasan korupsi," imbuh Febri.

Febri mempersilakan siapa pun datang ke KPK dan mengikuti mekanisme yang ada apabila ingin mengadukan atau memberikan informasi soal korupsi. KPK menerima semua masukan, kritik, atau keluhan apa pun sepanjang terkait pemberantasan korupsi.




"Setahu saya laporan itu masuk melalui pengaduan masyarakat dan tadi pun sebenarnya tidak ada pelaporan, karena tidak ada registrasi pelaporan masyarakat tapi yang bersangkutan menyampaikan beberapa hal yang mungkin disebut sebagai saran atau kritik," ucap Febri.

Sebelumnya siang tadi Amien mengaku tidak berhasil bertemu Agus. Amien pun meminta KPK untuk tidak meremehkan dirinya.

"Pak Agus Rahardjo pernah mengatakan kalau Pak Amien Rais mau datang ke KPK silakan welcome welcome. Karena itu saya berharap pada Pak Agus Rahardjo dan komisioner yang lain, tapi kemudian katanya lima-limanya sedang menghadiri kegiatan di tempat lain," ucap Amien.

"Saya mengatakan, 'Pak, beritahu Pak Agus Rahardjo, KPK tidak angker sama sekali, jangan diangker-angkerkan nah itu lho'," imbuh Amien.

Amien pun mengaku bakal kembali lagi ke KPK. Dia mengaku ingin melakukan bedah korupsi karena menurutnya negara sudah melindungi koruptor. Dia juga sempat berbicara keras soal Agus terkait pencegahan ke luar negeri Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan ke luar negeri. Menurutnya, Agus sudah menjungkirbalikkan keadilan.


(dhn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed