Komisi V DPR akan Cek SOP Kelaikan Pesawat Lion Air JT 610

Komisi V DPR akan Cek SOP Kelaikan Pesawat Lion Air JT 610

Akfa Nasrulhak - detikNews
Senin, 29 Okt 2018 20:01 WIB
Foto: Pradita Utama/detikcom
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP Nurhayati menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Ia berharap musibah ini tidak terjadi lagi di Indonesia.

Oleh karena itu, menurut Nurhayati, DPR akan menanyakan soal standard operating procedure (SOP) kelaikan pesawat sebelum terbang. Mereka juga akan menanyakan tentang pemeriksaan kesehatan para kru sebelum keberangkatan.


"Besok kita akan menanyakan pada saat kunker (kunjungan kerja) Komisi V ke Tanjung Priok di pusat informasi pencarian Lion Air JT 610 mengenai SOP kelaikan pesawat sehingga diizinkan terbang dan juga mengenai pemeriksaan kesehatan para krunya sebelum keberangkatan," kata Nurhayati dalam keterangan tertulis, Senin (29/10/2018).

Sementara itu, terkait penanganan korban jatuhnya pesawat, Nurhayati mengapresiasi kesigapan Badan SAR Nasional (Basarnas) yang cepat merespons laporan pesawat yang hilang kontak. Basarnas menerima laporan pesawat hilang sekitar pukul 06.50 dan langsung memerintahkan 1 heli dan 2 kapal terdekat mencari lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Ada sekitar 130 personel yang dilibatkan pencarian ini.


"Saya rasa respons dari Basarnas cukup baik untuk tanggap cepat daruratnya. Hanya memang terkendala arus deras dan jarak pandang cukup menjadi kendala di lapangan," ujarnya.

Nurhayati berharap Basarnas bisa bekerja maksimal sehingga bisa menemukan korban dan pesawat yang jatuh tersebut. (ega/idr)