detikNews
Senin 29 Oktober 2018, 18:42 WIB

Banyak Korban di Pesawat Lion Air, Basarnas Fokus di Penyelaman

Nur Azizah - detikNews
Banyak Korban di Pesawat Lion Air, Basarnas Fokus di Penyelaman Foto: Begini penampakan puing-puing dari peswat Lion Air yang mengambang di laut. (Pradita Utama-detikcom)
Jakarta - Pencarian korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, terus dilakukan. Basarnas menduga banyak korban yang masih berada di dalam pesawat.

"Saya prediksi dengan adanya pencarian atas permukaan mulai tadi pagi sampai dengan sekarang baru menemukan beberapa potongan tubuh saja, saya prediksi diperkirakan banyak korban yang masih di dalam pesawat," kata Dirops Pencarian dan Pertolongan Basarnas Brigjen (Mar) TNI Bambang Suryo Aji di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/10/2018).


Karena itu, lanjutnya, tim saat ini harus segera mencari posisi bangkai kapal tersebut. Pencarian dilakukan dengan penyelaman karena kedalamannya sangat memungkinkan dicari dengan menyelam.

Bambang mengatakan sejauh ini tidak ada kendala penyelaman. Kondisi di bawah laut masih bisa dilihat.

"Tidak ada kendala penyelaman, karena masih bisa dilihat. Hanya lokasinya (main body) yang masih belum bisa dipastikan di mana posisinya. Kalau sudah ditemukan pasti akan tertuju, melaksanakan evakuasi di kapal tersebut, di pesawat tersebut. Belum ditemukan lokasi bangkai kapal tersebut," ujarnya.

Luasan lokasi pencarian ini cukup luas. Karena itu, Basarnas akan berkoordinasi dengan TNI AL di lapangan.

"Cukup luas, oleh sebab itu kami membutuhkan beberapa peralatan baik dari dari BPPT nanti maupun KRI Rigel dari TNI AL yang akan kami bagi menggunakan search area yang sudah kami buat, nanti tinggal bagaimana koordinasi di lapangan," ujarnya.


Bambang juga mengatakan belum mendapat laporan dari tim pencari dengan KRI Rigel. Tim itu kapal rigel itu mencari dengan menggunakan alat pendeteksi.

"Saat ini belum bisa dipastikan. Belum, karena yang menggunakan kapal rigel pun belum laporan kepada kami dengan menggunakan alat pendeteksian," tuturnya.




Tonton juga 'Lion Air JT 610 Jatuh dari Ketinggian 3.000 Kaki':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com