DetikNews
Senin 29 Oktober 2018, 08:29 WIB

Sandi Lirik Susi, PKS: Perikanan dan Kelautan Masih Tertinggal

Yulida Medistiara - detikNews
Sandi Lirik Susi, PKS: Perikanan dan Kelautan Masih Tertinggal Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (Foto: agung pambudhy)
Jakarta - PKS mengatakan siapapun memiliki peluang untuk mengurusi masalah nelayan, kelautan, hingga perikanan jika capres-cawapres Prabowo-Sandi menang di Pilpres 2019. Terkait Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang dilirik Sandiaga untuk kembali mengurusi nelayan, PKS menilai saat ini masalah kelautan dan perikanan masih tertinggal.

"Tentu semua masih sangat terbuka peluangnya, Prabowo-Sandi memang memberikan di luar batas-batas plihan politik, latar belakng, bahwa siapa pun anak negeri yang punya kapasitas akan diajak ikut serta dalam mengelola negara. Kalau Bu Susi memang diajukan oleh banyak pihak bisa dipertimbangkan, tapi untuk sekarang kalau menurut saya persoalan perikanan dan kelautan kita masih sangat tertinggal dan kita perlu segera untuk membahasnya secara terbuka," ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, saat dihubungi, Senin (29/10/2018).

Menurut Mardani saat ini PKS tidak ingin fokus membahas siapa sosok yang akan mengurus masalah kelautan dan perikanan. PKS akan fokus dulu ke masalah program dan visi-misi terkait perikanan.


"PKS akan lebih fokus ke program, visi misi di bidang perikanan terlebih dulu sebelum membahas orang," kata

"Jadi kalau menurut saya bukan orangnya dulu, tapi visi dan programnya apa yang akan kita angkat baru ketemu orangnya, karena jangan sampai katakan filosofinya itu menteri yang kerakyatan tapi menteri yang ditunjuk lebih mengarah kepada pro kapitaslis atau liberalis kan nggak nyambung," imbuhnya.

Sementara itu Mardani mengaku saat ini sebenarnya telah ada visi, misi dan program tetapi semua itu masih akan didetailkan terlebih dahulu. Ia mencontohkan akan memajukan produksi ikan misalnya.


"Kalau visi misi sekarang sudah ada tapi masih umum kita mau detailkan. Contoh berapa produksi perikanan kita darat dan lautannya, berapa bu Susi punya kemampuan memaksa orang buat menjaga, tapi kan produksi juga penting," tuturnya.

Sebelumnya Cawapres Sandiaga Uno bicara tentang nasib Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, jika menang di Pilpres 2019. Sandiaga ingin Susi tetap mengurus nelayan, namun belum tentu mengangkat Susi menjadi menteri.

"Saya nggak mau memperpanjang ya. Itu bagi saya kan mengurus itu belum tentu jadi menteri. Tapi mengurus nelayan itu kan yang sudah Ibu Susi lakukan selama bertahun-tahun sebelum ditunjuk jadi menteri," kata Sandiaga di Setnas Prabowo-Sandiaga, Jl Hos Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/10/2018).


Gerindra sependapat dengan cawapres Sandiaga Uno yang melirik Susi Pudjiastuti jadi menterinya jika menang Pilpres 2019. Gerindra menyanjung kinerja Susi.

"Susi salah satu wanita potensial, layak jadi salah satu calon menteri. Dia kerja keras, dia konsisten, dia dedikatif," jelas Ketua DPP Gerindra Sodik Mudjahid melalui pesan singkat, Minggu (28/10/2018).



Saksikan juga video 'Sandi Buka Peluang Gaet Susi jika Terpilih jadi Wapres':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed