DetikNews
Minggu 28 Oktober 2018, 19:20 WIB

Biaya Perbaikan Venue Jakabaring yang Rusak Diterjang Angin Rp 20 M

Raja Adil Siregar - detikNews
Biaya Perbaikan Venue Jakabaring yang Rusak Diterjang Angin Rp 20 M Foto: Gubernur Sumsel Herman Deru tinjau Jakabaring (Raja-detik)
Palembang - Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan rusak diterjang angin kencang dan hujan deras kemarin sore. Akibat peristiwa itu, 9 venue rusak dan ditaksir kerugiannya mencapai Rp 20 miliar.

Berdasarkan rekapitulasi estimasi biaya perbaikan, venue atletik masuk kategori paling berat. Kerusakan berada di lampu stadion, pagar, toilet, tribun penonton dan atap venue yang ditaksir mencapai Rp 6,6 miliar.



Setelah venue atletik, kerusakan terparah kedua yakni venue aquatik. Untuk venue aquatik diperkirakan pemerintah daerah mengalami kerugian Rp 3,6 miliar akibat membran utama rusak diterjang angin. Herman menaksir total biaya perbaikan mencapai Rp 20 miliar.

"Saya udah lihat sendiri. Sebagian ini ada yang parah, ada juga sedang dan setelah dihitung ternyata ini banyak juga, hampir Rp 20 miliar lebih kerugian seluruh venue rusak," kata Herman Deru saat meninjau venue rusak, Minggu (28/10/2018).



"Yang paling besar itu venue aquatik jika dihitung. Karena pakai membran tepat di atasnya. Membran itu sampai Rp 4 miliar biayanya dan sudah robek-robek karena angin kencang kemarin," katanya.

Dari total 14 item yang rusak dan hancur, 9 di antaranya merupakan venue utama di kompleks JSC. Sedangkan untuk lima itemnya lagi merupakan fasilitas umum dan fasilitas pendukung.

"Totalnya ada 14 item dengan biaya yang bervariasi. Ada yang murah dan ada juga yang mahal, tapi ada yang bantuan pihak swasta dan mudah-mudahan besok mau bantu perbaiki," katanya.

Selain bantuan perbaikan pihak swasta, tercatat ada beberapa venue yang milik pemerintah pusat dan belum diserahkan ke Pemprov Sumsel. Salah satu contoh adalah venue dayung, venue rencananya baru diserahkan besok oleh pemerintah pusat.

Selain itu, beberapa venue saat ini telah masuk asuransi. Sehingga perbaikan dan kerusakan akibat angin dan hujan deras tersebut banyak yang masuk ditanggung asuransi. Termasuk bangunan baru yang digunakan saat Asian Games 2018 lalu.

"Bangunan baru masih ditanggung sama asuransi, sehingga ini tidak jadi beban. Tapi ada juga yang bangunan lama dan tak ditangung asuransi dan milik Pemda Sumsel, ini biaya sendiri. Jadi kalau dari asuransi, pemerintah pusat dan bantuan perbaikan dari CSR sekitar Rp 6-7 miliar lah pemda yang nanggung," tutupnya.

Berikut 19 venue dan satu fasilitas yang rusak di JSC akibat diterjang angin dan hujan deras:

1. Venue Aquatic
2. Venue Bowling
3. Venue Panjat Tebing
4. Venue Dayung
5. Venue Voli Pantai
6. Rumah Ponton Sky Air
7. Venue Atletik
8. Venue Ranau Dempo (Takraw)
9. Venue Tennis
10. Warehouse
11. Dinning Hall
12. Wisma Atlet
13. Public Toilet
14. Lampu Stadion Tennis




Tonton juga 'Venue Jakabaring Rusak Diamuk Angin Kencang':


(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed