Pengacara akan Kembali Ajukan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 26 Okt 2018 18:27 WIB
Ratna Sarumpaet (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin, akan kembali mengajukan permohonan tahanan kota untuk kliennya. Insank berharap kondisi kesehatan Ratna jadi pertimbangan penyidik untuk mengabulkan permohonan tersebut.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan mengadukan yang kedua ya... pengalihan status tahanan semoga penyidik juga bisa mengabulkan karena kondisi Bu Ratna dalam tahanan sakit kemudian beliau agak susah untuk makan," kata Insak di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Insank berharap penyidik bisa mengabulkan permohonan tahanan kota kliennya karena proses pemeriksaan saksi sudah selesai. Dia juga menyebut keterangan Ratna tidak ada yang keliru dalam pemeriksaan.





"Gini loh, tekanan yang ditahan itu kan luar biasa, artinya kami mengajukan ini berharap pihak penyidik bisa mengabulkan. Hal itu karena alasan kemarin kan jelas saksi-saksi masih dilakukan pemeriksaan, sekarang kan sudah nggak. Bahkan terakhir dikonfrontir makanya kami pilih waktu yang tepat. Setelah waktu konfrontir, semua saksi selesai diperiksa. Kami ajukan," ujarnya.

"Perlu digarisbawahi, dengan tidak ikutnya Ibu RS konfrontir, tidak ada keterangan yang missed antara ibu RS dengan saksi-saksi itu bersesuaianlah keterangannya. Kan seperti itu," sambungnya.

Ratna sebelumnya sempat mengajukan tahanan kota tapi ditolak penyidik. Salah satu alasan penolakan adalah penyidik masih membutuhkan keterangan Ratna selama proses penyidikan.





Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka penyebaran berita bohong alias hoax untuk membuat keonaran. Ratna disangkakan dengan UU Peraturan Hukum Pidana dan UU ITE.

Ratna menjadi tersangka setelah polisi menerima laporan soal hoax penganiayaan. Ratna memang mengakui kebohongannya setelah polisi membeberkan fakta-fakta penelusuran isu penganiayaan.


Saksikan juga video 'Permohonan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet Ditolak Polisi':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/fdn)