Sambil Naik Perahu, Wali Kota Bekasi Ikut Bersih-bersih Kali

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 26 Okt 2018 11:03 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) ikut dalam aksi bersih-bersih Kali Bekasi. (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) ikut dalam aksi bersih-bersih Kali Bekasi. Pepen menaiki perahu untuk menyisir Kali Bekasi dari hulu hingga hilir.

"Kalau dilihat-lihat di hulunya ini airnya masih bagus. Tapi dampaknya ke hilir," ujar Pepen di Jalan Pangkalan 3, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (26/10/2018).


Pepen mengatakan Pemkot Bekasi telah melapor ke Dirjen Pencemaran terkait masalah pencemaran Kali Bekasi. Dari hasil laporan itu, Dirjen Pencemaran memberikan alat penjernih air bernama Plasma Nano Bubble.

"Kita ada 8 (alat). Akan dipasang di kisaran-kisaran yang sudah akut," ujar Pepen.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfie mengatakan kegiatan bersih-bersih Kali Bekasi ini hanya pengangkatan sampah di pinggir kali. Setelah itu, akan dilakukan pengawasan dan pembekalan kepada masyarakat sekitar pinggir kali.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) ikut dalam aksi bersih-bersih Kali BekasiWali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) ikut dalam aksi bersih-bersih Kali Bekasi. (Isal Mawardi/detikcom)

"Pengangkatan sampah di pinggir kali. Nyisir di pinggir. Ini (kali) kita bersihkan, pinggirnya kita tanami pohon sambil kita memberikan informasi pengetahuan masyarakat pinggir kali supaya tidak buang sampah disini," ujar Jumhana.

Pantauan detikcom, aksi bersih-bersih Kali Bekasi ini diikuti berbagai elemen, dari Polres Metro Bekasi Kota, SKPD Pemerintah Kota Bekasi, hingga beberapa komunitas pencinta lingkungan.


Mengawali acara, Pepen menanam pohon trembesi di pinggir Kali Bekasi. Setelah itu, Pepen menaiki perahu karet menyisir Kali Bekasi dari Bantargebang menuju Pangkalan Bambu.

Beberapa hari yang lalu, Kali Bekasi terlihat dipenuhi busa dan sampah. Bau menyengat juga tercium di sekitar kali.


Simak Juga 'Di Tengah Polemik Sampah, Walkot Bekasi Datangi Kantor Anies':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)