Perbaikan Air Bersih di Sulteng Ditarget Kelar Desember 2018

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Jumat, 26 Okt 2018 06:19 WIB
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Satgas Gabungan Penanganan Gempa-tsunami Sulawesi Tengah terus melakukan upaya pembersihan kota dan perbaikian sistem air bersih. Air bersih untuk kebutuhan minum warga ditargetkan selesai Desember mendatang.

"Bahwa saat ini lokasi pembangunan hantura (hunian sementara) sudah jelas sesuai SK Bupati dan Walikota Palu, pembersihan kota sudah mencapai 70 persen, pemulihan sistem air minum Desember baru selesai, konektifitas jalan kebeberapa daerah masih terputus," kata Kabag Humas Pemprov Sulteng, Adiman dalam kegarangannya tertulis, Kamis (25/10/2018).



Selain itu Pemprov juga menargetkan pembangunan hantura bisa selesai dalam waktu 2 bulan ke depan. Mereka akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Sosial terkait pemenuhan kebutuhan pengungsi yang akan menempati hantura nanti.

"Gubernur menegaskan pembangunan huntara agar secepatnya diselesaikan paling lambat 2 bulan ini. Bentuk dan desain hantura harus berkoordinasi dengan PUPR. Ketiga Gubernur meminta Kementrian Sosial agar mempersiapkan kebutuhan pengungsi yang akan menempati hantura," ujarnya.



Sebelumnya Menko Polhukam Wiranto mengatakan masa tanggap darurat terkait gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah berakhir Jumat (26/10/2018). Selanjutnya, pemerintah akan fokus membangun huntara untuk korban.

"Karena besok itu sesuai rencana kita tanggap darurat selesai. Dulu kita pernah umumkan tanggap darurat selesai 11 Oktober dan kita perpanjang dua minggu sehingga besok tanggap darurat kita anggap selesai," kata Wiranto kepada wartawan seusai rapat koordinasi di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2018). (abw/jor)