DetikNews
Kamis 25 Oktober 2018, 18:26 WIB

Antusiasme Pemuda Indonesia Timur Bagi Pengalaman di Selandia Baru

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Antusiasme Pemuda Indonesia Timur Bagi Pengalaman di Selandia Baru Foto: dok. KBRI Wellington
Wellington - Para pemuda dari bagian timur Indonesia saling berbagi pengalaman di Wellington, Selandia Baru. Mereka berasal dari berbagai daerah dan beragam latar belakang.

Pertemuan tersebut difasilitasi oleh KBRI Wellington pada pekan lalu seperti keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (25/10/2018). Ada 8 aktivis muda berasal dari Gorontalo, Gowa, Sumba, Kupang, Makassar dan Ambon.



Mereka ke Selandia Baru untuk mengikuti program INSPIRASI - Indonesia Young Leaders Programme. Program ini diselenggarakan oleh UnionAID bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru.

Suasana acara di KBRI Wellington.Suasana acara di KBRI Wellington. Foto: dok. KBRI Wellington


Para pemuda itu kemudian berdialog dengan Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. Pada sesi dialog, mereka saling berbagi pengalaman terkait dengan masing-masing bidang yang digeluti antara lain dalam isu pelestarian hutan, kesejahteraan anak, penguatan peran perempuan, promosi produk dan makanan lokal, pemberian bantuan hukum bagi perempuan dan anak, pengelolaan sampah dan pariwisata.



Tak hanya diskusi, mereka juga menampilkan lagu rakyat Pulau Rote, NTT berjudul 'Mana Lolo Banda' serta lagu rakyat Maori berjudul 'Te Aroha' dengan diiringi alat musik ukulele. Pemuda-pemuda itu berdialog dengan antusias.

Program ini adalah yang pertama kali diselenggarakan. Nantinya akan menjadi program rutin oleh pemerintah Selandia Baru yang difasilitasi KBRI Wellington untuk mencetak kader-kader pemimpin dari Indoensia bagian timur.

Mereka tampak antusias.Mereka tampak antusias. Foto: dok. KBRI Wellington

(bag/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed