DetikNews
Kamis 25 Oktober 2018, 17:30 WIB

Jimly: Sesama Ormas Tak Perlu Saling Bakar-membakar

Matius Alfons - detikNews
Jimly: Sesama Ormas Tak Perlu Saling Bakar-membakar Jimly Asshiddiqie (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshidiqie menanggapi kejadian pembakaran bendera HTI. Ia meminta tidak perlu saling menyalahkan.

"Kita bimbing ke arah yang lebih baik, tidak perlu saling salah-menyalahkan, maklumi saja," ucap Jimly kepada wartawan di Auditorium Djokosoetono, Universitas Indonesia, Selasa (25/10/2018).



Jimly juga menganggap peristiwa ini terjadi karena kondisi budaya politik masyarakat Indonesia yang belum matang.

"Nggak usah terlalu dipandang serius, itu kan bagian dari budaya politik kita yang belum matang, ya kan misalnya kan tidak perlu dibakar-bakar bendera," jelas Jimly.

Jimly juga mengimbau ormas-ormas yang ada di Indonesia tidak mengambil alih fungsi negara dan harus mulai membimbing ormas masing-masing.

"Kita harapkan misal PBNU ya ikut ambil tanggung jawab organisasinya dibimbing agar tak lagi begini, dan FPI cs ini juga begitu, jangan lagi ngambil alih negara, dan HTI ya udah sudah bubar nggak usah lagilah," ujar Jimly.

"Sesama ormas tidak perlu saling bakar-membakar, nggak perlu juga mengambil alih fungsi negara," sambungnya.

Sebelumnya diketahui pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid itu terjadi bertepatan dengan perayaan Hari Santri Nasional pada Minggu (22/10). Polisi juga telah menangkap tiga pelaku pembakaran bendera tersebut.
(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed