DetikNews
Kamis 25 Oktober 2018, 13:26 WIB

Awal Mula 'Thor' dan 'Naruto' Ikut Pengajian di Surabaya

Indah Mutiara Kami - detikNews
Awal Mula Thor dan Naruto Ikut Pengajian di Surabaya Foto: Superhero ikut pengajian di Surabaya (Facebook Superhero Beramal)
Jakarta - Komunitas Superhero Beramal punya niat mulia untuk mengajak anak-anak muda ikut pengajian dengan cara menghadirkan 'Thor' hingga 'Naruto'. Begini awal mula munculnya ide hingga akhirnya acara itu mendapat respons positif.

Founder Komunitas Superhero Beramal, Fajar Riyadi, mengatakan komunitas itu awalnya aktif menggalang donasi di car free day sambil berkostum superhero. Sekitar sebulan lalu, Fajar dan teman-temannya tergerak untuk mengadakan pengajian.

"Kita berpikir, bikin pengajian yuk. Kita ingin melebarkan sayap lagi untuk merangkul teman-teman cosplay jadi pribadi yang lebih baik lagi. Kita nggak nyangka, ternyata responsnya banyak," kata Fajar saat berbincang, Kamis (25/10/2018).



Komunitas Superhero Beramal lalu berkomunikasi dengan Ustaz Marzuki Imron. Ustaz muda ini juga dikenal dengan nama 'Ustaz Naruto' karena kerap memakai jaket Naruto.

"Kita ngobrol sama Ustaz Naruto, ternyata visi misinya sama. Jadi kajiannya bukan cuma menceramahin, tapi dengan mengangkat tema-tema seru milenial. Main boleh, tapi ayo ngaji juga. Kita ajak pelan-pelan dengan cara yang mereka sukai," ucapnya.

Awal Mula 'Thor' dan 'Naruto' Ikut Pengajian di SurabayaFoto: Superhero ikut pengajian di Surabaya (Facebook Superhero Beramal)


Akhirnya, pengajian bertema 'Wis Wayahe Henshin' atau 'Sudah Saatnya Berubah' diadakan di Masjid Nurul Hayat, Gunung Anyar, Surabaya pada Minggu (21/10) lalu. Ada alasan di balik pemilihan tema ini.

"Tema kajiannya tentang hijrah, perubahan jadi yang lebih baik. Seperti superhero kan berubah dari orang biasa jadi super, kalau kita bagaimana dari orang biasa jadi orang yang lebih baik lagi," ungkap Fajar.



Saat pengajian, Ustaz Marzuki Imron memakai jaket Naruto sementara panitia ada yang berkostum Thor, satria baja hitam, hingga kura-kura ninja. Beberapa peserta pengajian juga ada yang memakai kaus superhero.

Ternyata, cukup banyak yang datang ke pengajian itu, mulai dari remaja hingga mahasiswa. Ada pula orangtua yang mengajak anak-anak karena mereka tertarik dengan superhero.

"Kami memang kemas menarik supaya nggak ngebosenin," kata Fajar.

Awal Mula 'Thor' dan 'Naruto' Ikut Pengajian di SurabayaFoto: Superhero ikut pengajian di Surabaya (Facebook Superhero Beramal)


Berbekal respons positif dari peserta pengajian dan di media sosial, Komunitas Superhero Beramal akan kembali mengadakan pengajian dengan tema pop culture. Bulan depan, rencananya ada pengajian bertema Harry Potter.

"Temanya Insyaallah Harry Potter, karena ada film Fantastic Beast. Jadi kita ikut tema kekinian," tutupnya.
(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed