DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 11:41 WIB

Runner-up di Survei, Gerindra Sindir Deretan 'Parnoko'

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Runner-up di Survei, Gerindra Sindir Deretan Parnoko Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Gerindra melejit ke urutan kedua dalam survei Litbang Kompas. Gerindra lalu memberi petuah kepada 'partai-partai yang masih nol koma' atau 'parnoko' dalam survei itu.

"Kita harapkan kepada partai yang suka nyinyir kepada Prabowo dan Gerindra di jajaran 'parnoko' lebih baik fokus ke kinerja partai. Tiap hari nyinyir ada PSI dan Hanura. Saran kami bekerja saja membesarkan partainya," ujar anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade, Rabu (24/10/2018).




Andre mengaku bersyukur Gerindra menjadi yang kedua di survei Kompas. Menurut dia, mesin partai terlihat sudah bekerja sesuai dengan jalur.

"Kita bersyukur bahwa Partai Gerindra masuk papan atas, terakhir survei Kompas. Ini menunjukkan mesin partai sudah on the track. Ini menambah keyakinan kami Gerindra bisa memenangkan pileg-pilpres," ujar Andre.

Survei Litbang Kompas mengambil 1.200 responden secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat (stratified random sampling) di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error +/- 2,8 persen.

Parliamentary threshold (PT) atau ambang batas suara untuk parlemen buat Pemilu 2019 telah ditetapkan sebesar 4 persen. Dengan demikian, menurut hasil survei ini, hanya lima partai yang lolos PT.




Berikut ini hasil survei Litbang Kompas:

PDIP: 29,9%
Gerindra: 16%
PKB: 6,3%
Golkar: 6,2%
Demokrat: 4,8%

Parpol dengan elektabilitas di bawah 4 persen menurut survei Litbang Kompas:

NasDem: 3,6%
PKS: 3,3%
PPP: 3,2%
PAN: 2,3%
Perindo: 1,5%
Hanura: 1,0%
Berkarya: 0,4%
PSI: 0,4%
PBB: 0,4%
Garuda: 0,3%
PKPI: 0,1%

Belum tahu/rahasia: 20,4%
(gbr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed