DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 11:37 WIB

1 Rumah di Depok Diterjang Longsor

Matius Alfons - detikNews
1 Rumah di Depok Diterjang Longsor Foto: Longsor di Depok (Matius-detik)
Jakarta - Satu Rumah Warga di Kampung Sugutamu Depok rusak berat akibat longsor yang melanda setelah hujan lebat. Tidak ada korban jiwa akibat ini.

Kejadian ini dibenarkan oleh pemilik rumah, Naman (78) yang saat kejadian hari Selasa (22/10) pukul 17.00 itu sedang berada di luar rumahnya.

"Abis hujan sekitar jam 17.00 WIB nih, orang lagi ngumpul di luar rumah semua terus ada suara kresek kresek dan akhirnya gerung kenceng banget di belakang sana," kata Naman kepada wartawan di rumahnya, Kampung Sugutamu, Baktijaya, Sukmajaya, Depok, Rabu (23/10/2018).



Saat kejadian Naman mengatakan hanya bisa menyelamatkan televisi dan pakaiannya sendiri, menurutnya tidak ada korban jiwa akibat longsor ini.

"Enggak ada (korban) lagi kosong kamar saya dan dapur ga ada orang sama sekali," jelas Naman.

Naman mengaku sempat mendapatkan firasat bahwa akan terjadi longsor di rumahnya dan Naman merasa beruntung karena saat kejadian tidak ada di kamar.

"Saya udah dapat alamat dari 3 hari lalu, firasat akan kejadian, udah ga enak perasaan, saya bilang ke nenek untuk pindahin pakaian eh malah saya diomelin dan dibilang mau minggat," imbuhnya.



"Untung seumpama malam kejadiannya aja udah engkong ga hidup pasti kegulung," tambah Naman.

Sementara ketua RT02, Jayamin mengatakan bahwa kejadian ini sudah pernah terjadi sebelumnya di tempat lain di RT02. Ia menjelaskan ini terjadi karena posisi rumah di RT02 yang berada di pinggir tebing.

"Ini udah beberapa kali, lokasi berbeda, penyebabnya ga diturap cuma tebing aja tanah kena hujan longsor, kalau longsornya karena ga diturap, setelah longsor baru dibetulin," kata Jayamin.

Ia menjelaskan bahwa kemungkinan Naman dan istrinya menderita kerugian materil hampir ratusan juta Rupiah.

"Ini masih untung juga ga ada korban, walau rusak ini dihitung hitung lebih kurang di bawah ratusan juta Rupiah," ujar Jayamin.

Menanggapi hal ini pihak pengembang Pesona Mungil yang perumahannya ada di bawah Kampung Sugutama, Kenang mengatakan akan bertanggung jawab untuk membangun turap dan membantu korban longsor.

"Pasti (bertanggung jawab), kita akan tembok dan membantu kalau mengalami kerusakan mereka," ucap Kenang.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed