DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 11:37 WIB

Produk Unggulan Kalsel Hasilkan Nilai Transaksi Rp 27 M Per Tahun

Moch Prima Fauzi - detikNews
Produk Unggulan Kalsel Hasilkan Nilai Transaksi Rp 27 M Per Tahun Foto: Dok APPSI
Jakarta - Kalimantan Selatan memiliki komoditas unggulan berupa batu bara, karet, rotan, kayu manis, dan rumput laut. Sedangkan komoditas lain, seperti bawang merah, bawang putih, dan sayur mayur, berupa kol dan kentang, disuplai dari provinsi lain. Per tahun, nilai transaksi dari komoditas tersebut sebesar Rp 27 miliar.

"Nilai transaksi dari komoditas Kalsel mencapai Rp 27 miliar untuk setahun," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Birhasani dalam keterangan tertulis, Rabu (24/10/2018).


Kepala Tim Ekspedisi Asosiasi Perintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Birhasani mengatakan perdagangan antarprovinsi ini awalnya dipelopori Kalsel melalui kegiatan pameran. Perdagangan antarprovinsi telah dibina Kalsel sejak 1999 melalui pameran kerja sama pembinaan pelaku usaha.

"Awalnya kita lakukan dengan pameran dan tahun 2017 kita mulai melakukan misi dagang dan hasilnya lebih dahsyat, tahun ini kita sudah 2 kali melakukan misi dagang dengan Jatim," lanjut dia.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalsel Nafarin mengungkapkan investasi diperlukan untuk meningkatkan nilai jual komoditas dan meningkatkan nilai dagang.

"Kita perlu lakukan hilirisasi komoditas untuk meningkatkan nilai dagang. Di sektor perkebunan, kita sedang merancang industri ban untuk hilirisasi karet. Lalu hilirisasi CPO kita kembangkan industri minyak goreng dan mentega, industri besi dan baja untuk hilirisasi bijih besi, dan semua itu butuh investasi," kata Nafarin.


Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur ini digagas oleh Ketua APPSI Soekarwo dalam rangka mengekspos inovasi tiap pemerintah provinsi sekaligus mengeksplorasi potensi daerah masing-masing, terutama terkait dengan keunggulan komoditas dan UKM.

Untuk mendapatkan informasi terbaru dari APPSI, klik di sini.
(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed