DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 11:37 WIB

Mendagri Tegaskan Dana Kelurahan Bukan Program Politis

Selfie Miftahul Jannah - detikNews
Mendagri Tegaskan Dana Kelurahan Bukan Program Politis Mendagri Tjahjo Kumolo (Andhika/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan usulan dana kelurahan bukan program politis. Dana kelurahan merupakan realisasi dari aspirasi kepala daerah.

"Ini bukan program politis, ini program membangun dari bawah," kata Tjahjo pada paparan 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (24/10/2018).

Tjahjo menegaskan, langkah pemerintah memberikan dana kelurahan merupakan percepatan pembangunan kawasan di daerah terutama di tingkat kelurahan.

"Masih banyak daerah desa tertinggal. Kita terjun langsung dan percepat (pembangunan) semua desa yang ada. Nah di kelurahan- kelurahan dua tahun yang lalu, itu para wali kota yang minta (mengajukan)," kata dia.





Menurut Tjahjo, sejak pemerintah mengalokasikan dana desa, sejumlah kelurahan mengajukan perubahan wilayah menjadi desa.

"Kalau tidak (dianggarkan), banyak kelurahan yang mengajukan diri ke Mendagri untuk dijadikan desa. Itu kebayang loh, makanya perlu stimulan. Presiden dua kali rapat di Istana Bogor, dia bilang ini tidak seperti dana desa," jelas Tjahjo.





Topik dana kelurahan muncul saat rapat pemerintah dengan wali kota, pemerintah daerah dan DPR. Ada keluhan dari kelurahan di kabupaten yang mengeluhkan tak mendapatkan jatah dari dana desa.

Anggaran dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun dalam APBN 2019 berasal dari pos dana desa yang dipangkas dari Rp 73 triliun menjadi Rp 70 triliun.

Dana kelurahan konsepnya berbeda dengan alokasi dana desa. Dana ini disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Usulan dana kelurahan ini masih akan dibahas dengan Badan Anggaran DPR.


Simak Juga 'Dana Kelurahan Terkesan Dipaksakan?':

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed