DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 09:49 WIB

PPP: Elite Politik yang Suka Sebar Hoax Bermental Sontoloyo

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
PPP: Elite Politik yang Suka Sebar Hoax Bermental Sontoloyo Sekjen PPP Arsul Sani. Foto: Tsarina
Jakarta - Adanya praktik politik sontoloyo diungkap oleh Presiden Jokowi yang juga menjadi capres. Sekjen PPP Arsul Sani menganggap ciri politik sontoloyo adalah mengandung unsur hoax.

"Mengacu pada realitas yang berkembang di media sosial di mana isi atau unsur hoax, ujaran kebencian dan juga fitnah atau pemelintiran fakta begitu dominan, dan itu di-drive oleh elite politik tertentu yang bahkan duduk di lembaga perwakilan seperti sebagai influencer-nya," tutur Arsul kepada detikcom, Selasa malam (23/10/2018).



Arsul tak menyebut siapa sosok yang dimaksud. Menurut Arsul biasanya yang melakukan politik sontoloyo akan menyerang secara pribadi.

"Mereka ini yang berperilaku atau bermental sontoloyo karena menggunakan hoax, ujaran kebencian bahkan fitnah demi memenangkan Pemilu. Mereka juga bahkan menyerang secara pribadi," ujar Arsul.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan kemarin saat membagikan 5.000 sertifikat tanah untuk warga DKI Jakarta yang juga dihadiri Gubernur Anies Baswedan di Kebayoran Lama, Jaksel. Jokowi menyampaikan hal itu dalam kapasitas sebagai Presiden RI, bukan capres.



"Hati-hati, banyak politik yang baik-baik, tapi juga banyak sekali politik yang sontoloyo. Ini saya ngomong apa adanya saja sehingga mari kita saring, kita filter, mana yang betul dan mana yang tidak betul. Karena masyarakat saat ini semakin matang dalam berpolitik," kata Jokowi.


Simak Juga 'Berpendidikan tapi Gemar Sebar Hoax?':

[Gambas:Video 20detik]



(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed