DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 09:05 WIB

Bule Pengais Sampah Sempat Dikira WN Latvia yang Hilang di Ubud

Aditya Mardiastuti - detikNews
Bule Pengais Sampah Sempat Dikira WN Latvia yang Hilang di Ubud Toto, bule yang mengais makanan di tong sampah di Sanur (dita/detikcom)
Denpasar - Bule yang viral karena mengais dan makan dari tong sampah di Pantai Sanur, Bali sempat dikira Gatis Baumanis (33), bule Latvia yang hilang di Ubud. Dugaan-dugaan itu ramai dan bermunculan di media sosial.

Menanggapi kabar tersebut, orang tua Baumanis bahkan terbang dari Latvia ke Indonesia. Tujuannya untuk memastikan apakah bule yang viral karena mengais dan makan dari sampah itu adalah anggota keluarganya.

"Minggu (21/10) unit lidik Polsek Ubud mengadakan penyelidikan ke wilayah Denpasar Selatan terkait berita di FB. Ternyata setelah dicek bersama orang tua dari Baumanis ketemu di Denpasar Selatan ternyata bukan si Baumanis itu (tapi) orang asing Bulgaria," kata Kapolsek Ubud Kompol I Made Raka Sugita lewat pesan singkat, Selasa (23/10/2018).

Raka mengatakan Baumanis yang hilang sejak Mei itu telah dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Hingga saat ini keberadaannya masih belum diketahui.

"Tetap adakan pencarian bersama anggota Denpasar Selatan," terangnya.

Kapolsek Denpasar Selatan Kompol I Nyoman Wirajaya mengatakan bule yang viral itu merupakan bule terlantar. Sehingga langsung diamankan pecalang.

"Bukan, bukan, yang makan sampah (bule) terlantar saja. Bule yang hilang di Ubud itu anak muda, bapaknya dateng ke sini dari Latvia. Identitas yang makan sampah nggak sempat saya monitor itu diamankan pecalang diserahkan ke konsul kayaknya. Foto yang viral itu berbeda, orang tuanya bawa foto anaknya yang hilang itu anak muda," terangnya.

Sementara itu, Toto bule yang viral karena mengais dan makan dari tong sampah juga mengaku bingung ketika dirinya dikira sebagai Baumanis. Dia hanya pasrah saja ketika bertemu dengan orang tua Baumanis.

"Saya juga tidak tahu kenapa mereka mengira saya bule yang hilang itu. Sempat ngobrol sebentar tapi ya sudah, semoga anggota keluarga yang hilang itu bisa segera ketemu," harapnya.
(ams/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed