DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 07:07 WIB

YLKI Anggap Gestur Menunduk Pegawai KAI Penghormatan ke Konsumen

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
YLKI Anggap Gestur Menunduk Pegawai KAI Penghormatan ke Konsumen Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga mengapresiasi gestur menunduk untuk melayani penumpang. Namun YLKI tetap meminta KAI tetap fokus meningkatkan pelayanan dari sisi ketepatan waktu, infrastruktus dan kualitas kereta.

"Secara psikologis itu penghormatan untuk konsumen ya, saya kira konsumen suka dihormati. Tapi yang terpenting bagi konsumen adalah manajemen kereta api itu, terus meningkatkan pelayanan dari sisi kecepatan waktu, infrastruktur dan kualitas pelayanan yang lainnya baik di kabin, kereta, stasiun maupun selama di dalam perjalanan," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, Selasa malam (23/10/2018).

Baca Juga: Gestur Menunduk Pegawai KAI Jadi Pro-Kontra karena Pengaruh Budaya

Gestur membungkuk yang dilakukan porter dan petugas PT KAI saat kereta akan berangkat menuai pro kontra di media sosial. Di Twitter, gestur ini ramai diperbincangkan. Ada yang mengkritik karena gestur itu dianggap berlebihan, ada yang mengapresiasi, ada juga yang mengusulkan agar lebih baik gestur itu diganti.

Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo, mengatakan gestur itu awalnya memang diterapkan di Daop 1. Sejak masa angkutan Lebaran 2018, kebiasaan itu lalu diterapkan di wilayah lain.

"Itu sebuah bentuk penghormatan dan terima kasih dari PT KAI kepada pengguna jasa kereta api," kata Edy saat dihubungi, Senin (22/10).

"Kalau dianggap perbudakan, nggak setara, nggak benar seperti itu," tambahnya.

Baca Juga: Awal Mula Gestur Menunduk Pegawai PT KAI Saat Kereta Berangkat

Edy menegaskan kebiasaan itu tidak hanya dilakukan porter. Direksi, komisaris, hingga dirinya juga melakukan gestur penghormatan itu.

"Semua pegawai, kepala daop, komisaris, direksi memberikan penghormatan kepada penumpang. Bukan hanya porter saja," ucap Edy.


Simak Juga 'Puja-puji Penumpang untuk Kenyamanan Kereta Api':

[Gambas:Video 20detik]



(fdu/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed