DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 01:43 WIB

Konjen RI Houston Bawa 25 Pebisnis AS, Jajaki Peluang Bisnis di RI

Danu Damarjati - detikNews
Konjen RI Houston Bawa 25 Pebisnis AS, Jajaki Peluang Bisnis di RI KJRI Houston, pihak Universitas South Alabama, dan pebisnis dari Amerika Serikat, di Jakarta. (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 25 pebisnis dari Negeri Paman Sam melawat ke Indonesia untuk menajajaki peluang bisnis. Mereka dibawa oleh Konsul Jenderal RI Houston, Nana Yuliana.

"Mereka juga akan mengikuti Trade Expo Indonesia, Kamis (25/10) besok," kata Nana di Restoran Padang Natrabu, Jl H Agus Salim, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).


Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-33 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD). Sebanyak 25 pengusaha dari Amerika Serikat yang dibawa Nana terdiri atas pengusaha pelbagai bidang.

"Terutama bidang perhotelan dan pariwisata. Mereka juga tertarik untuk berinvestasi di kawasan program 10 Bali Baru," kata Nana.

Program 10 Bali Baru adalah program Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mengembangkan kawasan selain Bali. Adapun 10 Bali Baru tersebut terdiri atas Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara). Mereka menjajaki peluang pengembangan bisnis di aspek perhotelan, resor, hingga transportasi di kawasan wisata.


"Mereka akan saya bawa ke BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) untuk bisa belajar memahami regulasi penanaman modal di Indonesia, khususnya di bidang perhotelan," kata Nana.

Wilayah kerja KJRI Houston meliputi negara bagian New Mexico, Texas, Oklahoma, Arkansas, Tennessee, Mississipi, Lousiana, Alabama, Georgia, Florida, US Virgin Island, dan The Commonwealth of Puerto Rico. Pebisnis yang ikut ke Indonesia juga berasal dari banyak kawasan negara bagian itu. Selain pariwisata, mereka ada yang bergerak di bidang pakaian, usaha kecil-menengah, dan bidang hiburan.

Salah satu pengusaha yang ikut ke Indonesia adalah Drew Fransen, Direktur Pemasaran Korporasi dari Valor Hospitality Partners. Perusahaan Drew bergerak di bidang manajemen perhotelan dan pariwisata. Valor Hospitality Partners merupakan perusahaan transnasional yang berbasis di Georgia, AS. Kini mereka mencari peluang berbisnis di Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan kawasan lain di Indonesia.


Konjen RI Houston Bawa 25 Pebisnis AS, Jajaki Peluang Bisnis di RIDrew Fransen, Direktur Pemasaran Korporasi dari Valor Hospitality Partners (Danu Damarjati/detikcom)

"Kami melihat perhotelan di Indonesia terus dan terus tumbuh. Kami melakukan pengaturan sebagai manajemen pihak ketiga, investasi, pengembangan atau mengambil alih properti. Jadi kami bekerja dengan kelompok pemilik untuk meningkatkan pertumbuhan (perhotelan). Indonesia menjadi fokus kuat untuk kami saat ini," kata Drew.

Dia melihat ada pasar yang menjanjikan di Indonesia. Kemudahan berbisnis di Indonesia juga dirasanya cukup baik.


"Bisnis di sini didorong oleh relasi. Jadi hubungan dengan orang-orang menjadi penting. Jakarta membuka pintu, saya pikir masih banyak orang Amerika yang belum tahu. Dan inilah misi bisnis kita supaya pebisnis Amerika melakukan penetrasi pasar yang berbeda," tandas Drew.
(dnu/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed