DMI Mulai Perbaiki Masjid-masjid Rusak Akibat Gempa Palu

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 23 Okt 2018 19:29 WIB
Salah satu masjid yang rusak karena gempa di Palu (Pradita Utama/detikcom)
Makassar - Dewan Masjid Indonesia (DMI) menerima bantuan untuk perbaikan masjid-masjid yang rusak pascagempa Magnitudo 7,4 yang menghantam Palu, Sulteng. Bantuan ini berasal dari pihak pengusaha dan bank luar negeri.

"Ini untuk membantu pembangunan kembali masjid yang rusak atau roboh akibat bencana alam di wilayah Palu, Sigi, dan Donggala," kata Wakil Ketua DMI Syafruddin dalam keterangannya, Selasa (23/10/2018).



Berdasarkan data yang dikumpulkan DMI dari lapangan, terdapat 195 masjid yang rusak akibat bencana alam ini. Sekitar 50 masjid di antaranya mengalami rusak berat, bahkan ada yang roboh dan menelan korban jiwa.

Salah satunya masjid di Desa Bulubete, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. Di masjid itu yang ambruk itu terdapat beberapa korban meninggal dan salah satunya imam masjid yang tertimpa kubah masjid saat melaksanakan salat Magrib.

Disebutkannya, beberapa donatur yang akan memberikan sumbangan untuk perbaikan masjid adalah Riyad Bank serta beberapa pengusaha dari Arab Saudi.



"Terima kasih karena telah memberikan perhatian kepada umat Islam yang terkena bencana gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah," ucapnya.

Dikatakannya, besarnya bantuan yang akan diterima DMI ini akan disampaikan selanjutnya setelah proposal biaya yang akan diberikan telah rampung disusun.

"Dewan Masjid Indonesia juga mengajak para muzakki (donatur) yang ingin beramal jariah menyumbangkan sebagian hartanya untuk membangun kembali masjid yang rusak akibat bencana alam di Sulteng," ujar menteri Menteri PAN-RB ini. (fiq/rvk)