DetikNews
Selasa 23 Oktober 2018, 08:38 WIB

Bawaslu Tolak Debat di Kampus, Timses Prabowo Usulkan Hal Ini

Dwi Andayani - detikNews
Bawaslu Tolak Debat di Kampus, Timses Prabowo Usulkan Hal Ini Foto: dok. Facebook Dahnil Anzar Simanjuntak
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno merespons pernyataan Bawaslu yang tak setuju dengan usulan debat capres-cawapres di kampus. BPN Prabowo-Sandiaga ganti mengusulkan hal lain. Apa itu?

"Cukup debatnya dihadiri para cerdik, pandai dan mahasiswa dari kampus dan mereka ikut menguji para capres. Masalah tempat bisa di mana saja," ujar Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, saat dihubungi, Selasa (23/10/2018).


Meski demikian, Dahnil tetap bersikeras agar debat capres-cawapres itu bisa diuji oleh perwakilan kampus. "Substansinya adalah dihadiri dan diuji cerdik, pandai dari kampus, tanpa perlu dihadiri oleh timses atau pendukung," terang Dahnil.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo menyebut debat capres-cawapres di kampus merupakan pelanggaran kampanye. Hal itu merujuk pada UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Kalau merujuk pada UU, nggak boleh karena Pasal 280 ayat 1 huruf H jelas, tidak boleh melakukan kampanye, atau ada larangan kampanye di tempat pendidikan, ibadah dan fasilitas lainnya," papar Ratna di kantor Lemhannas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (22/10).


Terkait debat capres-cawapres di kampus itu diusulan sendiri oleh Dahnil. Ketum PP Pemuda Muhammadiyah itu juga menyarankan agar debat tersebut disiarkan secara langsung televisi.

"Kami mengusulkan debat capres yang digelar oleh KPU RI digelar di kampus terpilih, diikuti oleh akademisi dan mahasiswa terpilih yang bebas berdialog dan 'menguliti' semua visi-misi kandidat dan live di TV-TV nasional, tidak perlu menghadirkan para pendukung di hotel misalnya," kata koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, (21/10).


Simak Juga 'Sandi Ingin Debat Capres Diubah Jadi Urun Rembuk':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed