DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 17:07 WIB

Jokowi Berharap Investigasi Kasus Khashoggi Transparan

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Berharap Investigasi Kasus Khashoggi Transparan Presiden Jokowi bertemu Menlu Arab Saudi di Istana Bogor, Senin (22/10/2018) (Foto: Ray Jordan-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pertemuan itu, Jokowi sempat menyinggung soal kasus kematian jurnalis Jamal Khashoggi di Konjen Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Retno mengatakan, dalam pertemuan itu Jokowi menyampaikan keprihatinannya atas kasus jurnalis asal Arab Saudi itu. Indonesia mengharapkan investigasi yang transparan.

"Dalam kesempatan terpisah, Presiden juga menyampaikan mengenai kasus yang menimpa Khashoggi. Presiden menyampaikan keprihatinan atas kasus tersebut dan Indonesia mengharapkan investigasi yang sedang dilakukan dapat dilakukan dengan transparan dan seksama," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (22/10/2018).



Retno menambahkan, dalam pertemuan itu Menlu Arab Saudi juga sudah memberikan penjelasan soal kasus tersebut ke Jokowi.

"Sebagaimana diketahui, sebelum berangkat ke Indonesia, Menlu Arab telah menyampaikan statement penjelasan, dan penjelasan itu juga yang disampaikan ke presiden," katanya.



Meski demikian, Retno tak bisa menjelaskan lebih lanjut soal pembahasan kasus pembunuhan Khashoggi antara Jokowi dengan Menlu Arab Saudi. Dia mengatakan, besok dirinya juga akan ada pertemuan bilateral dengan Menlu Arab Saudi tersebut.

"Saya tidak bicara detil, hanya sampai di sini. Karena besok saya akan melakukan pertemuan bilateral dengan beliau. Kalau saya bicara sekarang besok tidak ada yang dibahas," katanya.


Saksikan juga video 'Indonesia Harap Pengungkapan Kasus Khashoggi Transparan':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed