DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 16:53 WIB

Polisi Periksa 9 Saksi Terkait Peluru Nyasar ke DPR

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polisi Periksa 9 Saksi Terkait Peluru Nyasar ke DPR Kasubdit Ranmor Polda Metro Jaya AKBP Sapta Maulana. Fotografer: Kanavino/detikcom
Jakarta - Polisi masih mengembangkan penyidikan kasus peluru nyasar ke gedung DPR. Ada 9 saksi yang telah diperiksa mengenai kasus tersebut.

"Yang ingin saya sampaikan di sini hanyalah langkah dari penyidik untuk melakukan penyidikan perkara ini sampai saat ini sudah 9 saksi yang diperiksa," kata Kasubdit Ranmor Polda Metro Jaya AKBP Sapta Maulana di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Sapta mengatakan penyidik juga bakal memeriksa saksi lain berinisial Y. Saksi tersebut merupakan petugas Lapangan Tembak Senayan yang berada di lokasi saat tersangka peluru nyasar latihan tembak.



"Pada saat mereka menembak, dia ada di situ. Dia caddy juga," ujarnya.

Sapta menjelaskan pihaknya juga telah memeriksa petugas berinisial H yang menawarkan switch auto untuk dipakai di senpi glock 17 yang dipakai tersangka. Switch auto itu ditemukan oleh H sebelum tersangka peluru nyasar latihan tembak.

"Sebelum ditawarkan ke I. Dia lupa harinya," ujarnya.

H juga, menurut Sapta, telah mengumumkan barang yang ditemukannya kepada semua pihak. Namun tak ada orang yang mengaku kehilangan switch auto tersebut.


"Dia sudah umumkan ini punya siapa ternyata enggak ada yang ngaku makanya dia simpan," tuturnya.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan dua orang tersangka yaitu IAW dan RMY karena diduga lalai dan dijerat dengan Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Barang bukti yang diamankan dalam kasus ini adalah satu pucuk senjata api jenis glock 17, 9×19 buatan Austria, warna hitam cokelat, 3 buah magazine berikut 3 kotak peluru ukuran 9×19. Selain itu, polisi juga menyita satu pucuk senjata api merek AKAI Costum buatan Austria kaliber 40 warna hitan, dua buah magazine, berikut 1 kotak peluru ukuran 40.
(knv/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed