DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 16:31 WIB

Ketua Banggar Jawab Tudingan Politis Dana Kelurahan

Zunita Amalia Putri - detikNews
Ketua Banggar Jawab Tudingan Politis Dana Kelurahan Foto: Ketua Badan Anggaran DPR Aziz Syamsuddin. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Ketua Badan Anggaran DPR Aziz Syamsuddin menjelaskan asal-usul dana kelurahan yang akan diberikan pemerintah di tahun 2019 mendatang. Dia juga menepis mengenai tuduhan politisasi pada dana kelurahan tersebut.

"Pemberlakuan daripada relokasi dana desa itu berdasarkan peraturan pemerintah (PP) dan kesepakatan di antara pemerintah dan DPR dia dicantolkan ke DAU, dana alokasi umum dengan pemerintah daerah untuk disalurkan kepada kelurahan. Cantolannya ada, Undang-undangnya masuk ke DAU," jelas Aziz di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/10/2018).


Ketika disinggung mengenai tudingan pencitraan dengan adanya wacana dana kelurahan ini, Aziz menjawab dana tersebut diwacanakan karena ada usulan dari beberapa anggota DPR.

"Kalau politik itu nanti kita bahas, kan ini tanya teknis dan aturan dasar hukum, teknis dasar hukum sudah saya sampaikan. Kalau secara politik memang dalam arti kata ada beberapa usulan dari beberapa anggota. Usulan beberapa anggota dari berbagai macam partai untuk khususnya daerah-daerah yang tidak mempunyai desa dari Anggota, kan ada misal dari DKI, DKI ke kota madya kan tidak ada," jelasnya.

Aziz juga menegaskan dana kelurahan ini akan diresmikan pada 2019 mendatang, sekutar bulan Mei hingga April.

"Diluncurkannya kan 2019, biasanya itukan antara Maret, April, Mei," ucapnya.


Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menjanjikan akan mengeluarkan kebijakan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa pada 2019. Sandiaga Uno mempertanyakan niat di balik kebijakan tersebut.

"Apa saja program, kalau niatnya untuk membantu masyarakat, terlepas timing-nya kapan, itu harus diapresiasi. Tapi kalau misalnya di tahun politik, di 2019 ini, pasti masyarakat bisa menilai sendiri, apakah ini ada udang di balik batu atau apakah ini sebuah program yang memang dicanangkan sebelumnya," kata Sandiaga di Jalan Jenggala II Nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (21/10).


Saksikan juga video 'Fadli Kritisi Dana Kelurahan Jokowi, Nasdem: Kenapa Baru Sekarang':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed