DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 16:08 WIB

Pemprov DKI: Pengolah Sampah ITF Sunter Groundbreaking Desember

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI: Pengolah Sampah ITF Sunter Groundbreaking Desember Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta segera melakukan groundbreaking Intermediate Treatment Facility (ITF) atau fasilitas pengolahan sampah di Sunter, Jakarta Utara pada Desember. ITF Sunter diharapkan jadi alternatif tempat pengolahan sampah selain Bantargebang, Bekasi.

"Desember nanti groundbreaking, sudah memberikan kepastian bahwa ITF akan segera dimulai di Jakarta," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/10/2018).

ITF Sunter ditargetkan bisa mengolah 2.200 ton sampah di DKI per hari. "ITF Sunter diprediksi 2.200 ton (sampah) per hari, dengan rencana menghasilkan listrik di 35 megawatt," sebutnya.





Pemprov DKI menurutnya berencana membangun tiga ITF lainnya di Jakarta. Saat ini kajian pembangunan ITF di lokasi lain, masih dikaji.

"Kita akan bangun 3 atau 4, kita belum tahu, masih ada kajian itu. Tetapi harus punya, nggak mungkin cuma punya 1. Singapura aja sekecil itu udah punya 5. Di dalam Kota Tokyo ada 23, walaupun kisarannya ada yang 200 ton, ada yang 500 ton, tapi mereka sudah demikian," sebut Isnawa.





Saksikan juga video 'ITF Sunter Ditarget Olah Sampah 2.000 Ton Per Hari':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed